Ada 59 Anak Gizi Buruk di Tangsel, Airin: Itu Gizi Kurang

Date:

BALITA GIZI BURUK DAN HYDROSEFALUS DI PANDEGLANG
Sejak Januari 2018, terdata sedikitnya 59 anak mengidap gizi buruk di Tangsel.(FOTO Ilustrasi: Muhamad Rizki, balita berusia depan bulan penderita hidrosefalus dan gizi buruk di Pandeglang / Dok. Banten Hits)

Tangerang – Sebuah ironi terjadi di Kota Tangerang Selatan. Sejak Januari 2018 diketahui ada 59 anak di kota yang memiliki motto Cerdas, Modern, dan Religus ini.

Dilansir TribunJakarta.com, sebagian besar jumlah itu rata-rata diidap oleh masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah di Kota Tangsel. Mereka rata-rata berusia antara 1 sampai 59 bulan.

Anak-anak penderita gizi buruk ini berasal dari hampir seluruh wilayah kecamatan yang ada di Tangerang Selatan seperti Pamulang, Serpong, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur, Setu, Serpong Utara.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengklarifikasi, yang terjadi bukanlah gizi buruk melainkan gizi kurang.

“Bukan gizi buruk tapi gizi kurang, kalo gizi buruk itu kan sudah diambang batas sudah tidak bisa tertolong. Kalo dari tiga kecamatan tersebut kan itu gizi kurang, karena 70 persen itu karena penyakit bawaan yang dibawa sehingga mereka makannya kurang,” terang Airin kepada wartawan di Rumah Sakit Omni Alam Sutera, Tangerang Selatan, Selasa, 24 April 2018.

Menurutnya, penyakit bawaan yang diidap anak-anak tersebut kebanyakan TBC, jantung, dan paru-paru yang diterima dari orangtuanya.

“Kita sudah koordinasikan untuk membuat penyuluhan dan kerjasama dengan KUA, tapi itu tergantung kembali kepada orangtua masing-masing, kan untuk urusan anak kembali lagi ke orangtuanya,” ujar Airin.

Airin juga menyebutkan, bahwasanya Pemerintah Kota Tangsel juga terus menyokong kesejahteraan rakyatnya melalui BPJS di Rumah Sakit Fatmawati.

“Ada juga yang bukan warga Tangsel karena baru sebulan dua bulan di Tangsel belum ganti KTP, namun kami tetap bantu dorong agar sehat semua,” imbuhnya.(Rus)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...