Connect with us

Kota Serang

KPU Kota Serang Temukan Pelanggaran saat Kampanye Rapat Umum

Published

on

KPU Kota Serang

Komisioner KPU Kota Serang Fierly MM. (Foto: Dok. Banten Hits)

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menemukan sejumlah pelanggaran pada saat kampanye rapat umum pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Serang di Lapangan Sepakbola Boru.

BACA JUGA: Banyak Anak Ikut Kampanye Syafrudin-Subadri di Lapangan Boru

Komisioner KPU Kota Serang Fierly MM mengatakan, pelanggaran terjadi saat kampanye paslon nomor urut 3 Syafrudin-Subadri dan paslon nomor 1 Vera Nurlalela-Nurhasan.

Fierly MM Komisioner KPU Kota Serang mengatakan bahwa di rapat umum tanggal 7 Mei 2018 calon nonor urut tiga di temukan mobil plat merah yang masuk area kampanye, dan masih banyaknya anak kecil yang ikut dalam kampanye.

Serta pada tanggal 9 mei 2018 kampanye pasangan nomor satu, masih di temukanya anak di bawah umur serta ijin juti beberapa kepala daerah yang tidak mematuhi aturan PKPU (Peraturan Komisi Pemilu).

“Kita dua kali memantau jalanya rapat umum, tanggal 7 (kampanye nomor urut 3) dan tanggal 9 (kampanye nomor urut 1). Masih ada anak kecil dan kendaraan plat merah di area kampanye,” ungkap Fierly, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, ia juga mempersoalkan terkait dengan izin cuti kepala daerah dan anggota dewan yang menjadi juru kampanye atau menghadiri kampanye paslon.

“Sesuai Pasal 63 ayat 2 PKPU 4 Tahun 2017 tentang Kampanye yang isinya izin cuti hatus diterima KPU tiga hari sebelum kampanye,” jelas Fierly.

BACA JUGA: Andika, Tatu dan Jaman Hadiri Kampanye Vera-Nurhasan

Fierly menyebut, tiga kepala daerah yang hadir dalam kampanye Vera-Nurhasan, menyerahkan izin cuti pada tanggal 8 mei 2018.

“Rata-rata semua 8 Mei, saat rapat umum sudah kita sampaikan ke semua tim kampanye calon, perhatianya bukannya hanya kepala daerah tapi juga anggota DPR, dan DPRD (provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

“Sebenarnya kalau kepala daerah itu kebijakannya ada di Mendagri, panwaslu hanya rekomendasikan temuan saja,” imbuhnya.(Nda)

Trending