Tanto Ingin Aset Pamsimas Jadi Milik Desa

Date:

Tanto Warsono Arban Hadii Sosialisasi Pamsimas
Tanto Warsono Arban menginginkan aset Pamsimas menjadi milik desa yang nantinya bisa dikelola BUMDes. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menginginkan seluruh aset fisik yang dibangun dari program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menjadi milik desa.

Aset-aset yang diserahkan kepada desa nantinya bisa dikelola oleh Badan usaha Milik Desa (BUMDes).

“BUMDes peluang bisnisnya jelas dan dapat mempertanggungjawabkan aset ini. Tapi BUMDes jangan hanya memikirkan profit oriented saja, tetapi perhatikan kepentingan masyarakat. Apabila dikelola oleh BUMDes maka tujuan kita untuk mensejahterakan masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” kata Tanto saat menghadiri Sosialisasi Pamsimas 2019 di Oproom Setda Pandeglang, Senin (14/5/2018).

Tanto meyakini, jika program unggulan dari pemerintah pusat yang memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat itu dapat mensejahtrakan masyarakat jika dilelola BUMdes.

Ia mencontohkan, di beberapa desa di Jawa Tengah sudah menggunakan metode seperti itu untuk meningkatkan kesejahtraan desa, sehingga searah segaris dengan program Kementerian Desa.

“Jika memang di sana sudah menerapkan metode itu, kenapa tidak kita adopsi dari sana untuk meningkatkan pendapatan desa,” kata Tanto.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Kurnia Satriawan mengatakan, pada tahun 2018, ada 42 desa sasaran program Pamsimas III. Dari 42 desa tersebut, 26 desa didanai dari APBN dan sisanya melalui APBD.

“Jika dibuat estimasi untuk tahun 2019 juga tidak jauh dari tahun 2018. Tahun 2019 ada 48 desa yang diundang untuk sosialisasi program ini. Nantinya, dari 48 desa itu akan disaring menjadi 30 desa dengan kriteria yang sudah ditentukan,” papar Kurnia.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...