Connect with us

METROPOLITAN

Jurus BPOM Wujudkan Keamanan Pangan di Pandeglang

Published

on

BPOM dan Pemkab Pandeglang Bahas Keamanan Pangan

Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap kerja sama dengan BPOM mampu mencegah peredaran makanan mengandung bahan berbahaya. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Tiga program dicanangkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk mewujudkan keamanan pangan di Kabupaten Pandeglang.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha BPOM RI I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa mengatakan, tiga program tersebut meliputi, Desa Pangan Aman, Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Sekolah.

“Kami punya tugas untuk mewujudkan keamanan pangan,” kata Gusti saat bertemu dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita, di pendopo bupati Pandeglang, Kamis (17/5/2018).

BACA JUGA: Warga Lebak Mengaku Temukan Belatung di Kurma Merek Hijra

BPOM akan segera berkoordinasi dengan desa yang tepat. Koordinasi juga sudah dilakukan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Kami cari desa yang tepat di mana, tempat yang terbaik karena ini akan jadi pilot project,” jelas Gusti.

Sementara itu, Irna berharap agar ada efek jera bagi oknum pedagang nakal yang menggunakan bahan makanan berbahaya. Menurutnya, harus ada kepastian hukum penindakan kepada para pedagang tersebut.

“Kami juga ingin makanan sehat yang dikonsumsi masyarakat derajat kesehatannya meningkat. Kalau ada kerja sama dengan Badan POM mudah-mudahan pasar aman dari bahan berbahaya,” harap Irna.(Nda)

Trending