Connect with us

Kota Serang

KPU Kota Serang Jamin tak Akan Ada Kecurangan saat Pelipatan Surat Suara

Published

on

Surat Suara Pilkada Kota Serang

(kiri ke kanan) Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin bersama Dandim Letkol Czi Harry Praptomo, Kapolres AKBP Komarudin dan Ketua Panwaslu Rudi Hartono mengecek kondisi surat suara. (Foto: Mahyadi/Banten Hits)

Serang – Sebanyak 435.087 surat suara untuk pemilihan calon wali kota dan wakil Wali kota Serang tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang, Jumat (25/5/218) malam.

Ribuan surat suara yang dicetak oleh CV Mekar Sari Ardi Bogor diterima langsung Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin disaksikan, Ketua Panwaslu Rudi Hartono, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, dan Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo.

BACA JUGA: Ketua KPU Kota Serang Singgung soal Jadwal Kampanye yang Belum Terpublikasi

Heri menjamin tidak akan ada kecurangan saat proses pelipatan surat suara yang akan mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Mei hingga 2 Juni 2018. Kecurangan yang dimaksud seperti menukar surat suara asli dengan palsu.

“Ada pengamana khusus mikroteks di surat suara yang tahu hanya delapan orang dari KPU dan panwas,” kata Heri.

Proses pelipatan surat suara akan dilakukan oleh 50 orang di kantor Perhutani, samping KPU Kota Serang.

“Kita harap target tercapai, terus kita akan lakukan pengisian per TPS selesai akan kita kirim ke PPK dan dari kota itu posisi sudah disegel,” ujarnya.

BACA JUGA: Panwaslu Ingatkan Kecurangan di TPS Rawan Terjadi saat Isoma

Surat suara sementara disimpan di kantor KPU dengan dijaga oleh aparat keamanan. Setelah dilipat, surat suara akan disebar ke 966 Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditambah dengan 2.000 surat suara cadangan.

Sementara itu, AKBP Komarudin menjelaskan, pengaman dilakukan sesuai SOP, termasuk saat proses distribusi.

“Gudang sementara harus memastikan aspek-aspek pengamanan, termasuk kelembaban udara, dan kepastian keamanan surat suara. Tiga pengawas dari polisi, panwas, dan KPU agar tidak ada cela atau potensi kecurigaan dan khawatiran calon,” terang Komarudin.(Nda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − fifteen =

Trending