Mutu Pendidikan di Pandeglang Buruk, Dindik Sebut karena Minim SDM

Date:

Kadindik Pandeglang
Kadindik Pandeglang Olis Sholihin mengakui, mutu pendidikan di Pandeglang masih buruk. Hal tersebut menurutnya karena minimnya SDM. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindik) Kabupaten Pandeglang Olis Sholihin mengakui mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang masih buruk.

Hal tersebut diukur dari hasil Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hasil UN SMP Pandeglang diketahui paling rendah se-Provinsi Banten.

“Saya sudah sampaikan ke teman-teman (guru) mutu pendidikan harus diperbaiki, karena dalam ranking hasil Kelulusan, sekolah swasta yang lebih tinggi di banding negeri. Padahal, fasilitas pendidikan negeri itu sudah cukup, (gurunya) sudah punya gaji, sudah sertifikasi, tapi kenapa mutu pendidikan rendah,” papar Olis kepada awak media, Selasa (5/6/2018).

Menurutnya, buruknya mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang akibat minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar, ditambah lagi banyak tenaga-tenaga pengajar yang menjelang pensiun. Oleh karena itu, dindik akan mereformasi tenaga pengajar untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

“Kita kembalikan lagi kepada mereka, kan sudah punya tukin (tunjangan kinerja), tinggal mungkin guru-guru itu meningkatkan SDM-nya, jadi harus malu, dengan sekolah swasta yang lebih bagus mutu pendidikannya,” sebut Olis.

Ia juga mengingatkan agar dana sertifikasi tenaga pengajar sebagian disisihkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, karena dana sertifikasi tersebut tidak seutuhnya milik para guru.

“Uang sertifikasi ini tidak mutlak harus dimiliki oleh guru-guru, ada sekitar 5-10 persen untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan. Tapi untuk itu saja garati (susah) diajak urusan jeng agama geh harese (untuk urusan agama aja susah), tapi bertahaplah,” pungkasnya.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...