Connect with us

METROPOLITAN

Hebat! Anggota Pramuka di Cilegon Bantu Angkut Barang Pemudik di Pelabuhan Merak

Published

on

Anggota Pramuka di Pelabuhan Merak

Anggota Pramuka di Cilegon membantu mengangkut barang bawaan pemudik di Pelabuhan Merak secara sukarela.(Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Aksi anggota pramuka di Cilegon ini patut diacungi jempol. Mereka membantu ribuan pemudik pejalan kaki yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera terus berdatangan ke Pelabuhan Merak sejak tujuh hari jelang Lebaran.

Salah satu tantangan pemudik yang melintasi Pelabuhan Merak adalah  berjalan kaki sekitar lima ratus meter dari Terminal Terpadu Merak menuju ke pelabuhan. Selain jarak yang lumayan jauh, para pemudik juga harus terbebani barang bawaan mereka karena tidak ada fasilitas shutle bus yang disediakan PT ASDP Indonesia Ferry.

Guna untuk meringankan beban para pemudik, sebanyak tujuh puluh anggota pramuka dari Kwarting Cabang Kota Cilegon bersiaga di lokasi menjadi relawan untuk membantu membawa barang bawaan pemudik. Dengan menggunakan dua puluh kereta dorong, mereka menawarkan jasa membawa barang bawaan pemudik secara gratis.

Lailatul Ismiyah, salah seorang relawan mengatakan, meski pada siang hari dirinya tetap menjalankan ibadah puasa namun ia mengaku tetap bersemangat dan dengan sukarela membantu pemudik.

“Dari tujuh hari sebelum Lebaran kami sudah disiagakan membantu yang mudik. Saya sendiri tidak mudik jadi ingin ikut merasakan apa yang orang rasakan dalam perjalanan mudik mungkin cape tapi karena saya juga senang jadi saya tidak merasa capek banget. Ya bahagia aja,” ungkapnya saat ditemui Banten Hits ketika tengah mengangkut barang bawaan pemudik, Senin, 11 Juni 2018.

Lailatul menambahkan, dari tujuh puluh anggota pramuka yang dilibatkan, diketahui terbagi menjadi dua regu dan dilakukan secara bergantian untuk membatu pemudik pada siang dan malam hari.

“Ngebantuin pemudik secara bergantian dengan regu lainnya. Ada perasaan tersendiri ketika kita bisa membantu pemudik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Yati, salah seorang pemudik yang hendak menuju Lampung mengungkapkan sangat merasa terbantu dengan adanya keberadaan para relawan.

“Membantu sekali. Terima kasih banyak ade-ade pramuka. Jika tidak dibantu untuk ke kapal saja jaraknya jauh banget, kalo bawa tas sendiri repot banget,” ucapnya.(Rus)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + fourteen =

Trending