PPDB Online Karut-Marut, Kumala Demo Pusat Pemerintahan Banten

Date:

Demo Kumala Sikapi PPDB Online
Unjuk rasa Kumala menyikapi karut-marutnya pelaksanaan PPDB online SMA/SMK Provinsi Banten. (Foto: Banten Hits/Saepulloh)

Serang – Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) berunjuk rasa di depan gerbang Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Selasa (3/7/2018).

BACA JUGA: Situs PPDB Banten Sulit Diakses, Netizen: Setahun Belum Cukup untuk Belajar

Unjuk rasa mahasiswa merupakan buntut dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri secara online yang karut-marut. Mahasiswa menuding, pelaksanaan PPDB tidak sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 17 tahun 2017.

“Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, kemudian sistem dalam PPDB yang justru mempersulit peserta didik baru yang mendaftar untuk masuk ke SMA/SMK yang diinginkan. Terbukti, di hari pertama pendaftaran sistem sulit diakses sehingga masyarakat kecewa. Di SMK Negeri 1 Rangkasbitung, 800 calon pendaftar dipulangkan kembali dan harus mendaftar di warnet,” ungkap Ketua Kumala Perwakilan Rangkasbitung Maman Maulani dalam orasinya.

Seharusnya, Pemprov Banten bisa berkaca pada tahun 2017 yang juga bermasalah agar persoalan tahun lalu tidak terjadi pada tahun ini. Ironinya kata Maman, pemprov seolah lepas tangan saat banyak masyarakat yang mengadukan karena tidak mendapat pelayanan yang baik dari panitia PPDB.

BACA JUGA: Cek Pelaksanaan PPDB di Tangerang, KPK: Beberapa Daerah ada ‘Cincai-cincai’

“Panitia PPDB malah tidak ada ditempat, bahkan sampai terjadi cekcok di Diskominfo lantai 2 tanggal 30 Juni, alih-alih ingin melayani, operator malah memarahi orangtua siswa yang ingin memperjuangkan hak anaknya agar bisa melanjutkan pendidikan,” ujar Maman.

“Pemprov Banten sangat arogan, sudah tahu masalah banyak tapi seperti lempar batu sembunyi tangan, karena ketika kami kroscek ke dindik malah dilempar ke kominfo yang kami juga tidak mendapat penjelasan dengan baik,” beber Maman.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...