Begini Cara Orangtua Agar Anak Semangat Masuk Sekolah di Hari Pertama

Date:

Ilustrasi Orangtua Antar Anak Sekolah
Foto Ilustrasi/Sinarberita.com

Pandeglang – Hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2018. Tidak sedikit orangtua yang tidak mau kehilangan momen ini dengan cara mengantar anak-anak mereka ke sekolah, khususnya anak-anak Sekolah Dasar (SD), baik masuk ke sekolah maupun kelas baru.

Pantauan di SDN Citeureup I dan IV Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. banyak orangtua yang memang mengantar putera-puterinya di hari pertama masuk sekolah. Setelah mengantar, tidak sedikit pula yang menunggu di sekitar area sekolah maupun kantin sekolah.

Akan tetapi, rupanya tidak mudah untuk menumbuhkan semangat anak agar mau masuk di hari pertama. Khususnya, bagi anak yang baru hari ini memulai mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Hal yang sama juga berlaku bagi anak yang kembali masuk setelah libur panjang.

Salah seorang orangtua siswa yang berbincang dengan Banten Hits, Asmanah mengatakan, mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah merupakan salah satu cara agar anaknya semangat.

“Ini kan hari pertama anak saya sekolah, jadi harus diantar biar enggak malu ketemu teman-teman baru dan lingkungan sekolah,” tutur Asmanah.

Asmanah mengaku, tidak mudah merubah kebiasaan anak yang semua sering kali bangun siang menjadi harus bangun lebih pagi. Maklum saja, sebelumnya tidak ada aktifitas yang harus dilakukan si buah hati saat pagi hari.

Ia sengaja dari jauh-jauh hari merubah kebiasaan tersebut agar pada hari pertama masuk sekolah anaknya tidak terlalu sulit bangun pagi.

“Anak kan biasanya suka bangun siang,” ujarnya.

Pada malam harinya, Asmanah menggambarkan bagaiaman keasyikan dan keseruan bersekolah kepada anaknya. Hal ini juga salah satu cara agar anak memiliki rasa ketertarikan. Begitu juga pada pagi harinya, ia harus kembali membujuk anaknya agar mau berangkat dan semangat di hari pertama sekolah.

“Semalam sebelum tidur saya kasih cerita-cerita bahwa sekolah itu menyenangkan agar anak tertarik, dan pagi harinya kita rayu lagi biar makin semangat,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...