Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Sistem Cashless di Pelabuhan Merak Mulai Diuji Coba Besok

Published

on

GM ASDP Merak soal Sistem Cashless

GM ASDP Merak Fahmi Alweni tunjukkan kartu TapCash yang digunakan pengguna jasa untuk pembelian tiket di Pelabuhan Merak. (Foto: Banten Hits/Iyus Lesmana)

Cilegon – Transaksi penjualan tiket tanpa menggunakan uang tunai atau sistem cashless di Pelabuhan Merak akan mulai diuji coba besok, 15 Agustus 2018.

Guna memperlancar sistem tersebut, PT ASDP Indonesia Ferry bekerja sama dengan bank BUMN seperti BTN, BRI, BNI dan Mandiri.

“Akan kita uji coba beberapa hari, transaksinya lebih cepat dari pembelian tunai berkisar 30 sampai 35 detik, karena ini kan nggak ada uang kembalian makanya lebih cepat,” ungkap General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni, Senin (13/8/2018).

BACA JUGA: Pendataan Manifes Penumpang di Pelabuhan Merak Akan Gunakan Perekam Suara

Selain pengguna jasa lebih dipermudah dalam transaksi pembelian tiket, pemberlakuan sistem cashless ini diharapkan bisa mengurangi antrean penumpang maupun kendaraan.

“Sistem ini akan diberlakukan kepada penumpang pejalan kaki, kendaraan roda dua dan roda empat,” ujarnya.

Fahmi menambahkan, sebelum sistem cashless diterapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada pengurus truk dan memasang beberapa spanduk pengumuman di beberapa titik.

“Sudah kita sampaikan kepada pengurus-pengurus truk, mereka menyatakan siap dan mendukung perubahan ini, kita target secara umum, untuk target 100 persennya itu insya Allah lebaran tahun depan, semuanya sudah online tiket maupun cashless,” jelas Fahmi.(Nda)

Trending