Kemendikbud Pamerkan Puluhan Lukisan Karya Pasien RSJ di Terminal 3 Bandara Soetta

Date:

Lukisan Dipamerkan di Bandara Soetta
Salah satu lukisan yang dibuat pasien RSJ dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soetta. (Banten Hits/Hendra Wibisana)

Tangerang – Direktorat Jenderal Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memamerkan 40 lukisan karya para pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ), di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang.

Puluhan lukisan memikat perhatian para calon penumpang domestik maupun luar negeri. Selama dua pekan, karya para pasien ini bisa pengunjung lihat di area keberangkatan antara pintu C dan D terminal 3.

“Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa orang dengan kebutuhan khusus fisik dan mental dapat berkarya, salah satunya karya seni,” terang Direktur Kesenian Kemendikbud, Restu Gunawan, Kamis (30/8/2018).

BACA JUGA: Kreasi Lukisan Michael Tube, Narapidana Asal Jerman yang Mempesona

Karya para pasien RSJ tersebut nantinya juga akan dipamerkan pada Festival Bebas Batas 2018 yang diselenggarakan Kemendikbud, di Galeri Nasional lndonesia, dan Art Brut Indonesia selanjutnya.

“Festival Bebas Batas 2018 dilaksanakan pada bulan Oktober,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Executive General Manager Of Airport Operation Bandara Soetta Djodi menyambut baik dan mengapresiasi puluhan hasil karya yang menghiasi terminal 3.

“Ini sebagai bentuk sumbangsih dari Angkasa Pura II. Bagaimana ikut berpartisipasi, setidaknya kita mengapresiasi karya seni yang konon ini dibuat oleh para seniman yang mempunyai keterbatasan atau disabilitas. Bahkan mereka sama sekali tidak memiliki latar belakang seni,” kata Djodi.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...