Kejari Akan Periksa Dirut PDAM Cilegon Mandiri terkait Pemberian Royalti Krakatau Tirta Industri

Date:

Gedung Kejari Cilegon
Kejari Cilegon belum juga menempati gedung baru. Padahal, gedung yang berlokasi di kilometer 3 Jalan Lingkar Selatan (JLS) tersebut sudah selesai dibangun pada tahun 2015 lalu. (Dok. Banten Hits)

Cilegon – Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon akan memeriksa Dirut PDAM Cilegon Mandiri Encep Nurdin terkait pemberian royalti oleh PT Krakatau Tirta Industri ke PDAM Cilegon Mandiri (CM).

“Surat pemanggilan kita layangkan Rabu (5/9/2018), kita tujukan kepada pimpinan PDAM CM ,” ujar Kasi Intel Kejari Cilegon, David Nababan, saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, Selasa (4/9/2018).

BACA JUGA: Kejari Kota Cilegon Bidik Dugaan Tindak Pidana Pemberian Royalti PT Krakatau Tirta Industri ke PDAM Cilegon Mandiri

David mengatakan, pemeriksaan Encep untuk meminta keterangan terkait royalti dari Krakatau Tirta Industri ke perusahaan pelat merah tersebut sekitar Rp5 miliar per tahun.

“Prosedurnya seperti apa, apakah memang ada permintaan atau memang inisiatif. Kalau inisiatif kan tertuang dalam peraturan dari BUMN ya, apakah memang ada kesepakatan untuk ke pemerintah daerah, dalam hal ini BUMD, kita kan belum tahu, ” terangnya.

Penerimaan royalti ujar David mempunyai mekanisme yang mendasar. Seperti perjanjian yang mengikat dan lainnya.

“Terkait mekanisme, terus permintaan, karena enggak mungkin dikasih tanpa ada dasar atau perjanjian yang mengikat. Terus berapa presentasinya kita juga harus tau, kemudian apakah ada di kas PDAM atau di kas pemda harus jelas, dan terus peruntukkannya untuk apa,” bebernya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...