KPU Banten Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 di Museum Negeri Banten

Date:

Deklarasi Kampanye Damai Pemilu di Museum Negeri Banten
Deklarasi kampanye damai di halaman Museum Negeri Banten. Parpol, caleg dan tim pemenangan calon Presiden dan Wakil Presiden berkomitmen menciptakan Pemilu 2019 aman dan damai. (Banten Hits/Mahyadi)

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019, di Halaman Museum Negeri Banten, Kota Serang, Minggu (23/9/2018).

Deklarasi diikuti seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu, tim pemenangan capres-cawapres, calon legislatif (caleg) dan masyarakat. Nampak pula di antaranya mengenakan pakaian mencerminkan seni dan kebudayaan.

Dalam kesempatan itu, komisioner KPU Banten menggunakan pakaian serba putih dan ikat kepala hingga tas koja khas warga suku adat Baduy Dalam.

“Mulai 23 September 2018 sampai 19 April 2019 sudah memasuki tahapan kampanye, semoga bisa terus bergulir aman dan lancar,” kata Ketua KPU Banten, Wahyul Furqon.

Dipilihnya lokasi deklarasi di Museum Negeri Banten dan pakaian suku Baduy merupakan simbol bahwa warga Banten siap mewujudkan Pemilu dengan damai.

“Seluruh calon harus komitmen tidak melakukan politik SARA, money politics dan pelanggaran lainnya yang bisa merusak Pemilu,” ujarnya.

KPU meminta parpol dan tim pemenangan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam mensosialisasikan visi misi tanpa saling menebar fitnah dan hoax. Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri juga diharapkan menjaga netralitasnya.

“Kita yakin masyarakat Banten mampu menjaga Pemilu ini secara damai. Perbedaan pendapat itu biasa, tapi bagaimana kita menjaga persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Untuk diketahui, terdapat 1.102 caleg DPRD provinsi yang akan memperebutkan 85 kursi dan 28 calon anggota DPD RI asal Banten yang akan memperebutkan empat kursi.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...