Connect with us

METROPOLITAN

KMP Mitra Nusantara Kandas di Pelabuhan Merak

Published

on

KMP Mitra Nusantara Kandas di Merak

KMP Mitra Nusantara saat ditarik tugboat menuju Dermaga II Pelabuhan Merak. KMP Mitra Nusantara kandas saat akan menuju Pelabuhan Bakauheni. (Banten Hits/Iyus Lesmana)

Cilegon – Kapal Motor Penumpang (KMP) Mitra Nusantara yang akan berlayar ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, kandas di Perairan Merak, Kamis (11/10/2018) sore. Lebih dari satu jam penumpang terkatung-katung di atas kapal.

Kapal berangkat dari Dermaga VI Pelabuhan Merak sekira pukul 15.00 WIB. Namun tak lama, kapal milik PT Prima Eksekutif tersebut kandas.

“Dari jam tiga, mau berangkat ke Lampung,” ujar Aad salah seorang penumpang kepada wartawan.

Kemudian, da mendapat informasi dari awak kapal bahwa akan ada kapal tugboat yang akan evakuasi Mitra Nusantara.

Kepala Cabang KMP Mitra Nusantara, Achmad Riyanto menuturkan, kandasnya kapal diduga karena faktor cuaca.

“Kalau saya lihat itu ada angin dari samping hantam badan kapal, kapal keluar dari dermaga mundur angin dari samping. Nahkoda yang tau kapal kandas langsung mematikan mesin supya baling-baling enggak rusak sampai tugboat datang,” kata Riyanto.

Setelah dievakuasi tugboat milik PT Pelindo II, kapal langsung disandarkan di Dermaga II. Sementara muatan kapal dipindahkan ke dermaga III untuk melanjutkan perjalanan ke Bakauheni.

“Ada 27 kendaraan terdiri dari 6 sepeda motor, 9 mobil pribadi, 3 pickup, 3 truk sedang, 3 truk besar dan 4 tronton. Enggak ada penumpang pejalan kaki. Semuanya kita pindahkan ke dermaga III, dan kapal kami engkerkan untuk diperiksa takut ada kebocoran,” katanya.(Nda)

TONTON JUGA VIDEONYA:

Trending