Connect with us

ADVERTORIAL

Lagi, Kota Tangerang Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri dari IIPG

Published

on

Wali Kota Tangerang Terima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri yang diserahkan mantan Wakil Presiden, Boediono. (Foto: Humas Pemkot Tangerang)

Tangerang – Indonesian Institute Publik Hoblvernance (IIPG) kembali memberikan penghargaan Anugerah Pandu Negeri kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan predikat pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola baik.

Penghargaan diserahkan mantan Wakil Presiden, Boediono yang diterima langsung Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, di hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Anugerah Pandu Negeri merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah.

Dari 548 pemerintah daerah di Indonesia disaring dalam penjurian oleh tim independen dengan penilaian beberapa tahap, mulai survei lapangan kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data-data yang meliputi laporan keuangan daerah, penetapan APBD yang tepat waktu hingga inovasi-inovasi yang dikerjakan kepala daerah bagi kemajuan daerahnya.

Bagi Kota Tangerang, penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Pemkot Tangerang telah bekerja dengan baik untuk kemajuan daerah.

Arief menyampaikan terima kasihnya kepada tim penilai yang telah menganugerahi Kota Tangerang sebagai salah satu daerah yang meraih hasil baik. Hal ini menurutnya, karena kinerja Pemkot Tangerang yang semakin baik, sebab telah banyak terobosan-terobosan baru yang sudah dilakukan selama ini, mulai dari pendidikan gratis di sekolah swasta dan negeri, serta pengobatan gratis.

“Kota Tangerang selalu meningkatkan terobosan baru untuk meningkatkan prestasi di pemerintahan, target lima tahun ke depan akan dilakukan (difokuskan) pembangunan mulai dari tingkat RT dan RW,” katanya.

Sementara itu, Ketua IIPG, Sigit Pramono dalam sambutannya mengatakan, penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang telah melakukan berbagai terobosan dalam pengelolaan pemerintahannya.

Penilaian dilakukan terhadap 548 pemerintah daerah yang terdiri dari 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi, dengan kriteria aspek performance, yang meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan breakthrough result (transformative and innovative).

“Kemudian ada aspek governance yang meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, serta anti korupsi,” ujar Sigit.

Diharapkan dengan penghargaan ini dapat mendorong pemerintah daerah dan kepala daerah semakin bersemangat meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan.

“Melalui Anugerah Pandu Negeri, IIPG sangat berharap agar pemimpin daerah yang kinerja dan tata kelolanya baik bisa terus meningkatkan kinerja dan menjadi pemimpin di tingkat Nasional,” katanya.(ADVERTORIAL)

Trending