40 Persen Pengguna Napza Didominasi Pemuda, KNPI Pandeglang dan BNN Gelar Tes Urine

Date:

KNPI Pandeglang Gelar Tes Urine
Pegawai desa dan kecamatan, anggota Pramuka dan Karang Taruna di Saketi, Pandeglang melakukan tes urine yang digelar KNPI bersama BNN Banten. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – KNPI Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten melakukan tes urine, di Kecamatan Saketi, Pandeglang, Senin (29/10/2018).

Tes urine dilakukan terhadap para peserta seminar Narkotika, Psikotropoka dan Zat Adikitif (Napza) dengan mengangkat tema “Hidup Sehat tanpa Napza” yang terdiri dari pegawai desa dan kecamatan, anggota Pramuka dan Karang Taruna.

Ketua KNPI Pandeglang, Iin Muhlisin menjelaskan, seminar dan tes urine dilakukan atas keresahan datang yang disampaikan BNN Banten bahwa pemuda mendominasi 40 persen pengguna narkoba.

“Yang mengherankan dari data 40 persen itu diambil dari anak-anak SD sampai dengan di bawah umur 30 tahun. Berarti memang ada anak-anak di bawah umur yang menggunakan Napza,” kata Iin ditemui seusai acara.

Lebih memprihatinkan kata Iin, data yang dikeluarkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menyebut hampir 5,4 juta pengguna Napza sebagian besar adalah anak-anak dari usia SD sampai 18 tahun.

“Kondisi tersebut harus segera ditangani, bukan hanya tugas BNN, tapi ini juga menjadi tugas kami sebagai organisasi kepemudaan ikut menyadarkan masyarakat agar terhindar dari penyalahgunaan Napza,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Intelijen Bidang Pemberantasan BNN Banten, Yaya Suriadijaya mengapresiasi acara tersebut. Yaya mengamini bahwa tugas melakukan pencegahan penyalahgunaan narkotika bukan hanya menjadi tanggung jawab BNN.

“Sesuai dengan komitmen, kalau pemudanya hancur, negaranya pun akan hancur. Alhamdulilah dari yang dites tidak terindikasi penyalahgunaan narkoba,” katanya.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...