Biaya Tanggungan BPJS Bengkak, Jokowi: Akibat Kurangnya Kesadaran Masyarakat

Date:

Jokowi saat Peresmian Pembukaan Pertemuan Kabupaten-Kota Sehat Tahun 2018.jpg
Presiden Jokowi saat Jokowi saat Peresmian Pembukaan Pertemuan Kabupaten/ Kota Sehat Tahun 2018 di Puspemkot Tangerang. (BantenHits.com/ Maya Aulia Apriliani)

Tangerang – Presiden Joko Widodo menghadiri Peresmian Pembukaan Pertemuan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018 di Ruang Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Minggu, 4 November 2018. Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, anggaran untuk membayar biaya BPJS Kesehatan mencapai Rp 17 triliun. Hal tersebut diakibatkan dari kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga pola hidup sehat.

“Perlu saya informasikan posisi pengeluaran BPJS, yaitu untuk jantung Rp 9,5 T uang kita harus keluar, kanker Rp 3 T, ginjal Rp 2,2 T, dan katarak Rp 2,6 T, dan angka yang lainnya, angka yang tidak sedikit,” ujarnya.

JOKOWI DI PEMKOT TANGERANG
Jokowi saat menghadiri peresmian dan pembukaan Kota/Kabupaten Sehat 2018 di Puspemkot Tangerang. (BantenHits/ Maya Aulia Apriliani)

Jokowi mengungkapkan, pengeluaran tersebut seharusnya tidak dikeluarkan jika masyarakat sadar akan pola hidup sehat. Ia pun meminta masyarakat untuk mengajarkan bagaimana pola hidup sehat ke anak-anak, bukan hanya pola hidup enak.

“Semuanya makan enak. Kita ajari anak kita makan enak bukan makan sehat. Padahal kita dianugerahi buah dan sayur, ikan di mana pun ada. Malah yang kita makan malah makanan sampah. Kita harus tahu, berikan informasi masyarakat kepada anak-anak, ibu-ibu, cara hidup sehat seperti apa. Baik urusan olahraga, makan, istirahat,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap pertemuan Kabupaten/Kota Sehat ini dapat membawa dampak baik bagaimana menyadarkan masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat.

“Oleh sebab itu, saya menyambut baik pertemuan Kabupaten Kota untuk Kota dan Kabupaten yang sehat, ada penyelesaian yang harus kita kerjakan, baik infrastruktur lingkungan sehat, Sanitasi, dan berkaitan dengan selokan yang rapih dan sehat,” tandasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...