Connect with us

GAYA HIDUP

Ratusan Batu Kalimaya Dipamerkan dalam Kontes Festival Pesona Kalimaya HUT Lebak ke-190

Published

on

batu kalimaya asal Lebak

Salah satu batu kalimaya asal Kabupaten Lebak jenis black oval yang dipamerkan di kontes Festival Pesona Kalimaya Banten di Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Minggu 2 Desember 2018.(BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak– Sebanyak 200 batu kalimaya akan mengikuti kontes Festival Pesona Kalimaya Banten di Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Minggu 2 Desember 2018.

Akew Sapulete panitia pelaksana kepada BantenHits.com mengatakan, festival yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Lebak ini bertujuan untuk menggairahkan sekaligus melestarikan keberadaan batu kalimaya yang notabene berasal dari Kabupaten Lebak.

“Kabupaten Lebak ini sebagai pencetus batu kalimaya, keberadaannya di Kabupaten Lebak harus tetap dilestarikan,” kata Akew.

Menurutnya, festival yang juga untuk memeriahkan HUT Lebak ke-190 ini akan menurunkan 23 kelas kalimaya yang dilombakan dengan peserta mulai dari lokal Lebak, Jakarta, Bandung hingga Lampung.

“Yang dinilai keindahan batunya dari segi kembang (jarong) dan bentuk proporsional batu,” ucapnya.

Akew berharap dengan adanya festival pesona Kalimaya Banten dapat menggairahkan penggiat kalimaya untuk tetap eksis dan melestarikannya di Kabupaten Lebak bahkan nasional.

“Ini kontes pertama di Lebak, kita siapkan 134 medali dan reward lainnya untuk juara pada kontes ini,” pungkasnya. (Rus)

Trending