SIPI Nelayan Pandeglang Tiga Bulan Tak Kunjung Jadi, KTNA Sebut Pelayanan Publik di Provinsi Banten Buruk

Date:

Nelayan di Pandeglang
Nelayan Pandeglang merapihkan jaring saat mereka tak melaut. Surat Ijin Penangkapan Ikan atau SIPI yang dimohonkan nelayan ke DPMPTSP Provinsi Banten tiga bulan tak kunjung jadi. Nelayan pun memilih tak melaut karena takut dirazia Polairud. (Dok.BantenHits.com)

Pandeglang – Surat izin penangkapan ikan atau SIPI yang dimohonkan nelayan Pandeglang tak kunjung diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten. Padahal proses pembuatan SIPI tersebut sudah memakan waktu tiga bulan.

Akibat tak kunjung diterbitkannya SIPI, nelayan di Pandeglang memilih tak melaut. Pasalnya mereka khawatir jika melaut akan dirazia Polairud.

BACA JUGA: SIPI Tak Kunjung Terbit, Nelayan Pandeglang Pilih Tak Melaut karena Takut Razia Polairud

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA Kabupaten Pandeglang Anton Khoirul Samsi menyayangkan proses pembuatan SIPI di DPMPTSP Banten yang berlarut-larut tersebut.

Menurut Anton, seharusnya pengurusan SIPI lebih cepat mengingat saat ini pengurusan SIPI melalui sistem elektronik Online Single Submission atau OSS.

“Tidak baik lagi kalau sampe tiga bulan mah. Mereka kan ada SOP-nya. Berarti enggak bener itu, apalagi sekarang sudah Online. Kenapa lambat, saya akan pertanyakan ke provinsi,” kata Anton, Minggu, 2 Desember 2018

Anton juga mendesak agar Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pandeglang segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten agar nelayan tidak lagi menganggur.

“Harus ada solusi bagaimanapun itu nelayan masyarakat yang harus dilayani, jika ini telat artinya masyarakat belum terlayani dengan baik,” ujarnya.(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...