Parah! Panitia “Bagan Race” Festival Tanjung Lesung Sewa Bagan Nelayan Dijadikan Peserta

Date:

Banten Hits – Festival Tanjung Lesung 2015 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten telah digelar dari 30 Oktober-1 November 2015. Dalam acara tersebut ditampilkan berbagai perlombaan, salah satunnya “Bagan Race” yang menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Wartawan Banten Hits Saepulloh melaporkan, “Bagan Race” diikuti sekitar sepuluh peserta. Lomba tersebut start dari Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung.

Namun, lomba yang sejatinya bisa menjadi ajang promosi pariwisata di Provinsi Banten ini, dicederai oleh sikap panitia lomba yang diduga asal comot bagan untuk diikutsertakan dalam lomba tersebut. Diduga itu dilakukan karena peserta lomba kurang dari yang direncanakan.

Hal tersebut terungkap melalui pengakuan salah seorang nelayan yang bagannya digunakan untuk lomba. Nelayan yang meminta namanya dirahasiakan ini kepada Banten Hits mengaku, bagan yang ikut lomba diambil dari nelayan yang berasal dari Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. 

Nakhoda bagan tidak mengetahui jika bagan yang dibawanya dari Sumur ke Pantai Kerang akan dilombakan. Bagan-bagan yang diklaim sebagai peserta lomba ini sebetulnya telah disewa oleh pnitia lomba.

“Kurang tahu kalau ini mau dilombain, karena ini sudah dibayar,” ungkap salah satu peserta lomba yang meminta identitasnya dirahasiakan kepada Banten Hits, Sabtu (31/10/2015).

Pantauan Banten Hits di lokasi, sepuluh bagan yang turut dalam lomba tersebut tidak tampil berbeda dari bagan nelayan umumnya. Padahal, mendekorasi bagian bagan masuk dalam salah satu kategori penilaian lomba tersebut.

Parahnya lagi, saat lomba berlangsung, ada satu bagan yang mogok hingga akhirnya bagan yang mogok ditarik oleh bagan lain.

Gubernur Banten Rano Karno mengungkapkan, pihaknya merasa yakin peserta “Bagan Race” dalam Festival Tanjung Lesung 2015 akan mengalami penngkatan ke depannya. Rano juga menyebut, Bagan Race bisa menjadi nilai tambah untuk Banten.

“Tidak ada masalah kita mulai dengan sepuluh (peserta). Saya yakin tahun depan lebih (banyak peserta),” jelas Rano.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Bumi Tirtayasa, Tempat Healing Teranyar yang Bikin Segala Penat Ambyar..

Berita Serang - Namanya Bumi Tirtayasa. Memasuki kawasan ini...

Mau Liburan ke Wisata Pantai di Lebak? Balawista Bakal Jamin Keamanan dan Keselamatan Wisatawan

Berita Lebak- Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata pantai di...

Sssttt….’Hidden Gem’ di Pelosok Lebak Dipamerkan di Cilograng Festival 10-26 November 2022

Lebak - Pemerintah Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak menggelar Cilograng...