Sejak Dulu Tangerang Sudah Jakarta Sentris

Date:

Sebagai kota di Provinsi Banten yang berbatasan langsung dengan Jakarta, sudah menjadi pengetahuan umum kalau mindset warga Tangerang lebih Jakarta sentris. Mungkin, warga Tangerang akan lebih banyak tahu Jakarta dibanding Banten, yang merupakan ibukota provinsi tempat tinggal mereka.

Kenyataan seperti ini sudah berlangsung sejak Tangerang—Banten pada umumnya—masih menginduk ke Provinsi Jawa Barat.

Dan ternyata, bukan hanya sosial budaya Tangerang saja yang Jakarta sentris. Beberapa kantor administrasi di Tangerang juga juga pada awalnya merupakan kepanjangtanganan Jakarta.

Salah satu contohnya adalah Pengadilan Negeri Tangerang. Seperti yang ditulis dalam laman www.pn-tangerang.go.id, pada awalnya Pengadilan Negeri Tangerang merupakan pemecahan dari Pengadilan Negeri Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pengadilan Negeri Tangerang pertama kali diresmikan pada 15 Juni 1966, berkantor di Jalan Daan Mogot No.15 Tangerang, yang merupakan bangunan yang didirikan pada Zaman Belanda dan dikenal dengan sebutan Landraad.

Pengadilan Negeri Tangerang pertama kali di pimpin oleh R.Soegondo Kartanegara, SH. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tangerang, bersama M. Soewardi Kartosentono sebagai Panitera Kepala.

Dari catatan ini dapatlah diketahui pada tahun tersebut, untuk penanganan perkara hukum di Tangerang, tidaklah menginduk ke Jawa Barat. Walau pun secara administratif masuk wilayah Jawa Barat.

Barulah kemudian pada 07 Februari 1983 kantor Pengadilan Negeri Tangerang berpindah lokasi di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna Tangerang sampai dengan sekarang ini. Luas tanah PN Tangerang  sekitar 4000 M2.. Saat itu diresmikan Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman Jawa Barat yang sedang dijabat Soehendro Hendarsin , SH.

Tentang “Jakarta sentris” sendiri sebenarnya hingga kini masih berlangsung. Salah satu faktanya, seluruh kepolisian resort (Polres) yang ada di Tangerang, masih menginduk ke Polda Metro Jaya Jakarta. Padahal, secara geografis dan administratif, Tangerang jelas masuk ke Propinsi Banten. Di Banten sendiri sudah terbentuk Polda Banten berbarengan dengan terbentuknya propinsi ini. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mengungkap Sebab Kantor Dagang VOC Pertama di Indonesia Didirikan di Banten

Berita Banten - Kapal-kapal dagang Belanda untuk pertama kalinya...

Hujan Mulai Basahi Bumi Banten, Pemprov Bersiap Percepat Musim Tanam Padi

Berita Banten - Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten bersiap...

Menyibak Masa 1696 di Jakarta; Warganya Telah Melek Aksara dan Banten Jadi Penyuplai Buku-buku Agama

Berita Banten - Ahkmat bin Hasba, seorang ulama menyampaikan...

Banteng Banten dalam Kisah Perempuan yang Ambisius Duduki Tahta Kerajaan

Berita Banten - Kronik sejarah Banten tak melulu mengisahkan...