Connect with us

CITARASA

Si Hitam Manis Pelepas Dahaga.

Published

on

Tangerang, Banten Hits.com –  “Es cendol atau es dawet hitam”, hmm.. mendengarnya saja sudah terbayangkan betapa segarnya minuman asli Indonesia ini. Selain dapat mengobati dahaga, es cendol atau dawet ini ternyata memiliki khasiat lain yaitu bisa meredakan panas dalam dan sakit tenggorokan.

Tangerang, Banten Hits.com –  “Es cendol atau es dawet hitam”, hmm..mendengarnya saja sudah terbayangkan betapa segarnya minuman asli Indonesia ini. Selain dapat mengobati dahaga, es cendol atau dawet ini ternyata memiliki khasiat lain yaitu bisa meredakan panas dalam dan sakit tenggorokan.

Liputan kali ini, Banten Hits.com akan mengenalkan es dawet hitam “Auniy”  asli Purworejo, Jawa Tengah yang dijajakan di Pusat Jajanan Serba Ada atau Pujasera Islamic Village, Kecamatan Kelapa Dua,Kabupaten Tangerang, Banten.

Disini, penikmat minuman dingin akan dimanjakan dengan lembutnya cendil yang terbuat dari tepung beras yang diwarnai dengan pewarna alami  “pewarna dari merang”. Tau kan merang ???. Merang adalah daun padi yang dibakar sampai gosong lalu diambil airnya.

Dengan tangan lincah dari pemilik kedai Auniy, Air sari merang dicampur dengan adukan tepung beras yang sebelumnya sudah dicampur  dengan garam. Adonan yang sudah bisa diolah lalu dicetak menjadi cendol atau dawet berwarna hitam. 

Untuk menambah nikmatnya dawet hitam, pemilik kedai menyediakan paduan air santan kental dan gula aren murni yang sudah dicairkan.  Eits jangan salah loh, gula aren yang digunakan juga gula aren yang langsung dikirim dari kampung halaman pemilik kedai di Purworejo.

Bagi anda penyuka minuman dingin, dapat memesan dawet dengan butiran es batu, hemmm dijamin kombinasi aroma dawet hitam merang dengan gula aren murni dan santan menjadi kombinasi maknyuuus untuk pelega tenggorokan.

Untuk semangkuk es dawet yang disajikan dengan mangkuk tanah liat ini, anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup Rp. 5.000 saja anda sudah mendapatkan sensasi kesegaran dan minuman berkhasiat olahan tradisional. Yuks jangan terlalu banyak berfikir lagi, mau minuman dingin juga menyehatkan lets go kita kunjungi Kedai Es Dawet Auniy, Pujasera Islamic Village Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. (Rie/Ningrum)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − 1 =

Trending