Connect with us

Cendikia Bicara

3 Jurus Jitu untuk Pengganti WH

Published

on

Banten Hits – Apa kata akademisi soal sosok yang pas untuk pengganti Wahidin Halim? Ahmad Badawi, Rektor Univeritas Muhamadiyah Tangerang (UMT) memiliki kiat dan jurus jitu yang bisa menginspirasi buat Walikota Tangerang periode 2013– 2018.

Sedikitnya ada tiga jurus jitu yang harus dikuasai Walikota pengganti Wahidin Halim nantinya.

“Pertama, ketika dia berada di posisi depan sebagai pemimpin, berperilakulah sebagai seorang yang bisa memberi teladan,” ujar Badawi. Kedua, ketika sang pemimpin berada di tengah, posisikan diri sebagai seorang yang mampu memotivasi.

Dalam hal ini, ujar Badawi, sang walikota haruslah mampu memotivasi dan merangkul anak buah atau SKPD untuk terus berkinerja lebih baik.

Dan terakhir, seperti slogan seorang guru ‘tut wuri handayani’, seorang pemimpin harus mampu mendorong siapapun yang dipimpinnya untuk selalu lebih baik, mendidik ke jalan yang benar.

Wahidin, ungkap Badawi, memang juara dalam hal pembangunan fisik, pelayanan masyarakat, sehingga 10 tahun pemerintahannya, bisa menyulap kota yang semula terkotor menjadi terbersih. “Piala Adipura pun bisa disabet dua kali,” ucapnya.

Namun, apakah penerus Wahidin akan mampu berbuat lebih dari yang Wahidin lakukan, minimal bisa mempertahankan? “Harus mampu, yang terpilih jadi Walikota haruslah memiliki mental siap lahir batin untuk memimpin,” ujarnya.

Jangankan saat terpilih, saat mencalonkan diri dan bertarung dengan kandidat calon walikota lain, seorang pemimpin haruslah siap kalah atau menang. Itulah jiwa pemimpin.

“Memang Wahidin berhasil dalam hal pembangunan fisik, segala prestasi berhasil diraih, tapi soal pengkaderan sebagai persiapan menggantinya nanti. Itu yang saya sesalkan,” keluhnya.

Badawi menilai, dari semua calon yang akan bertarung nanti, belum ada yang mumpuni mendekati prestasi seperti Wahidin. “Masyarakat harus legowo, jangan sampai samakan Wahidin dengan kandidat yang ada, meskipun itu ada hubungan family,” ujarnya.

Pada Pilkada Kota Tangerang nanti, sudah saatnya masyarakat harus lebih melek dan cerdas menentukan pilihan. Pembaruan dan kemajuan Kota Tangerang lima tahun mendatang, masyarakat sendirilah yang menentukan.(Rie)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 18 =

Trending