Connect with us

METROPOLITAN

Pengangkatan Dirum dan Badan Pengawas PDAM Cacat Hukum

Published

on

Tangerang, Banten Hits.com– Direktur LSM Kebijakan Publik yang juga dosen FISIP Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) Ibnu Jandi, resmi menyurati Walikota Tangerang Wahidin Halim, Senin (01/04/2013).

Surat Ibnu Jandi tersebut terkait pengangkatan Direktur Umum dan Badan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang yang dilantik Walikota Tangerang Wahidin lalu, Senin (25/03/2013) lalu.

“Sebenarnya hari ini saya mau menemui langsung  walikota, cuma karena beliau masih ada kesibukan, akhirnya saya hanya mengantarkan surat. Surat saya terkait dengan pengangkatan Direktur Umum dan Badan Pengawas PDAM (Tirta Benteng) Kota Tangerang,” kata Jandi.

Jandi mengatakan, inti surat yang dilayangkan ke Walikota Tangerang Wahidin Halim tersebut adalah meminta, agar Wahidin Halim segera menganulir keputusan pengangkatan Dirum dan Badan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang.

BACA :  Blak-blakan Menteri Jokowi soal Zaki yang Diprediksi Pimpin Golkar DKI

“Menurut saya itu (pengangkatan Dirum dan Badan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang) cacat hukum. Dan (keputusan) itu harus segera dianulir, agar azas kepatutan dan kepantasan hukum masih menjadi yang utama,” ujar Jandi.

Melalui dokumen pelaporan yang Banten Hits.com terima dari Ibnu Jandi, dijelaskan oleh Jandi, pengangkatan Dirum dan Badan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang adalah melanggar Undang-undang Nomor 5 tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah; melanggar Permendagri No 2 tahun 2007 tentang Organ dan Kepegawaian PDAM; juga melanggar Perda No 11 tahun 2009 tentang Organ dan Kepegawaian PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang.

Jandi juga menegaskan, jika surat permintaan agar pengangkatan Dirum dan Badan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang segera dianulir tidak digubris Walikota Tangerang Wahidin Halim, maka Jandi akan melakukan gugatan PTUN atas keputusan walikota tersebut.

BACA :  Pengelolaan DD di Desa Banyubiru dan Sukamaju Amburadul, Aliansi Pemuda Demo Kantor Camat

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemda Kota Tangerang Amal Herawan mengatakan, apa yang dilakukan Walikota Tangerang adalah merupakan hak preogratif walikota. Amal juga menjelaskan, pada saat rapat evaluasi di Jatinangor beberapa waktu lalu, empat kandidat yang dilantik jadi Dirum dan Badan Pengawas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, pernah menjalani pemanggilan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sayuti.

“Namun, saya gak tahu apakah pemanggilan itu adalah rangkaian dari uji kepatutan dan kelayakan atau bukan,” jelas Amal. (Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler