Batu Sempur Langka di Pameran Kerajinan

Date:

Banten Hits.com– Batu sempur adalah batu langka. Untuk mendapatkannya, anda harus berburu ke pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, tepatnya di Kecamatan Curug Bitung. Namun bila anda mengunjungi pameran dan temu bisnis komoditi daerah tertinggal Jabar-Banten, yang digelar di Bale Kota Mall Kota Tangerang, anda akan mendapatkan kerajinan

fosil ini dengan mudah.

Batu sempur adalah fosil batang pohon yang sudah terkubur berpuluh bahkan beratus tahun lamanya di permukaan bumi. Masyarakat pedalaman Curug Bitung biasa mencarinya seperti layaknya menggali fosil dengan hati-hati.

“Kami menggalinya hingga kedalaman beberapa puluh meter ke bawah permukaan tanah, banyak masyarakat sana yang berprofesi mencari batu sempur ini,” ungkap Matrani, salah seorang penjaga stand Kabupaten Lebak dalam pameran tersebut.

Jika menemukan fosil batang pohon yang sudah membatu tersebut, para pengrajin biasanya akan membersihkan memangkas, hingga membentuknya menjadi kerajinan tangan. Seperti meja, bangku, atau hanya sekedar pajangan saja.

Mengingat panjangnya perjuangan melahirkan berbagai produk berkualitas, ternyata tidak membuatnya mahal. “Harganya bervariasi mulai dari 35 hingga jutaan rupiah,” tutur Matrani.

Namun untuk komoditi ekspor, harga dan kualitasnya bisa selangit lagi. Bisa mencapai miliaran rupiah untuk sebatang pohon fosil besar utuh.

Negara seperti Korea dan Hongkong menjadi komoditi utama produk lokal asli Banten ini. (Rie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Cantik tapi Tetap Syar’i? Mulailah Koleksi Karya-karya Dwi Hapsari Ini!

Berita Tangerang - Bisa terlihat cantik dan syar'i merupakan...

15 Kedai Lokal Siap Unjuk Gigi di Festival Kopi Kabupaten Lebak 14-18 Desember 2022

Berita Lebak - Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) menggelar festival...

Pakai Trail Kuning, Ini Aksi Eksentrik Sachrudin ‘Nyoride’ bareng Penghobi Motor di Kota Tangerang

Tangerang - Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin berkesempatan turun...

Restoran Dinasty Berganti Nama Star Kitchen Celcius; Tak Ada Alkohol, yang Ada Makan Sepuasnya!

Cilegon - Restoran Dynasty yang berlokasi di Jalan Sultan...