Belum Beroperasi, Commuter Line Malah Terbakar

Date:

Banten Hits.com – Commuter line milik INKA yang belum diserahkan ke PT KAI, jurusan Stasiun Duri-Tangerang, Jumat malam (10/05/20013) terbakar di Stasiun Tangerang.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB menimpa gerbong K3.1.11.13. Insiden itu sendiri terjadi pasca turun hujan dan penyebabnya diduga akibat korsleting listrik pantograf atau aliran listrik commuter line.

Banten Hits.com – Commuter line milik INKA yang belum diserahkan ke PT KAI, jurusan Stasiun Duri-Tangerang, Jumat malam (10/05/20013) terbakar di Stasiun Tangerang.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB menimpa gerbong K3.1.11.13. Insiden itu sendiri terjadi pasca turun hujan dan penyebabnya diduga akibat korsleting listrik pantograf atau aliran listrik commuter line.”Terjadi setelah hujan turun, mesin sempat dinyalakan, namun muncul percikan dan timbul ledakan,” ungkap Suhada, Kepala Stasiun Tangerang, Jumat (10/05/2013).

Api yang berkobar di dalam gerbong tiga, persis di atas kabel pantograf yang konslet membakar seluruh bangku yang berjumlah enam baris, serta lantai gerbong tersebut.

Untungnya saat kejadian, tidak ada penumpang, sebab commuter lane milik INKA yang belum diserahkan ke PT KAI tersebut adalah yang terakhir, dan sedang terparkir untuk dioperasikan esok harinya.

“Tidak ada penumpang, sebab ini kereta terakhir yang tengah parkir di jalur dua, untuk besok beroperasi,” ujar Suhada. Meski demikian, commuter line tersebut akan tetap diproses oleh INKA. Apakah akan beroperasi pada Sabtu (11/05/2013) paginya, atau akan digantikan dengan commuter line lainnya.

Warga yang berada di sekitar stasiun dengan sigap langsung bahu membahu memadamkan kobaran api tersebut. Dengan peralatan seadanya, warga sekitar berhasil memadamkan api, sehingga hanya satu gerbong saja yang terbakar dan tidak menyambar ke gerbong lainnya.

Sementara itu, saat ditanya apakah putusnya kabel jalur atas pada jalur dua commuter line akan berpengaruh pada jadwal keberangkatan commuter line pada Sabtu pagi, Suhada menyatakan tidak akan berpengaruh.  “Tidak, malam ini akan segera diperbaiki oleh petugas listrik kami. Besok dipastikan selesai,” pungkas Suhada.

Sedangkam urusan commuter line, Suhada menyerahkannya pada PT INKA. Sebab, commuter line tersebut belum diserah terimakan.

“Uji coba sudah, namun diserahkan belum. Hingga beroperasinya kini, PT INKA masih terus mendampingi commuter laninya,” papar Suhada. (Rie/Viks)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...