Connect with us

METROPOLITAN

Dewan Setujui WH Mundur

Published

on

Banten Hits – DPRD Kota Tangerang akhirnya menyetujui permohonan pengunduran diri Wahidin Halim sebagai Walikota Tangerang. Persetujuan pengunduran diri itu sesuai hasil paripurna tertutup yang digelar DPRD Kota Tangerang.

“Berdasarkan hasil paripurna tertutup, seluruh fraksi menyetujui pengunduran diri Wahidin Halim sebagai Walikota Tangerang,” ujar Ketua DPRD Kota Tangerang, Herry Rumawatine, saat di temui di ruangan pimpinan DPRD Kota Tangerang, Rabu (29/5/2013).

Selanjutnya, persetujuan anggota dewan tersebut akan dituangkan dalam surat keputusan DPRD Kota Tangerang. Setelah itu, jelas Herry, surat keputusan tersebut akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Banten.

“Biar nanti melalui Gubernur Banten yang menyerahkan surat keputusan kami,” ujar Herry.

Herry menyatakan, surat keputusan yang telah disetujui pihaknya ini seharusnya tidak perlu lama-lama di Gubernur Banten dan harus langsung diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri, agar SK pengunduran diri WH segera keluar.

Sebab, menurutnya tidak ada persoalan prinsip yang harus diperdebatkan dalam permohonan pengunduran diri WH sebagai Walikota Tangerang ini, karena semua urusan sudah dilaksanakan.

“Jangka waktu dua minggu sebenarnya sudah cukup dari Gubernur Banten ke Kemendagri, tidak perlu lama-lama,” katanya.

Herry berharap, dengan segera dikeluarkan dan disetujuinya permohonan pengunduran diri oleh Kemendagri, maka langkah WH untuk maju sebagai caleg DPR RI tidak terhambat.

Lebih lanjut Herry menjelaskan, bila Gubernur sudah melayangkan surat persetujuan pengunduran diri WH kepada Mendagri, bukan hanya SK pengunduran diri WH saja yang nantinya akan diterima kembali oleh DPRD Kota Tangerang. Melainkan juga surat pengangkatan Arif R.Wiesmansyah, Wakil Walikota Tangerang menjadi pelaksana tugas (Plt) Walikota Tangerang, hingga proses pemilukada Kota Tangerang berhasil memilih walikota periode berikutnya.

“Ketika SK Kemendagri sudah kami terima, barulah DPRD akan menggelar sidang paripurna terbuka. Untuk pemberhentian WH sebagai Walikota Tangerang secara resmi,” jelas Herry.

Pada saat bersamaan, agar tidak terlalu lama adanya kekosongan jabatan, Wakil Walikota akan dilantik sebagai Plt Walikota Tangerang oleh Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wahidin Halim menyatakan siap mundur dari jabatannya sebagai Walikota Tangerang menyusul rencana pencalonan dirinya sebagai anggota DPR RI. WH maju ke senayan dengan kendaraan politiknya Partai Demokrat. Apalagi, WH merupakan Ketua Partai Demokrat Propinsi Banten.

Pada 31 Agustus mendatang, Kota Tangerang juga akan menggelar pesta demokrasi untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2013-2018. (Rie)

Trending