Pilkades Rusuh, Polisi Akui Jumlah Personil Kurang

Date:

 

Banten Hits – Pemilihan kepala desa (Pilkades) Pondok Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang yang berbuntut kerusuhan ditengarai karena kurangnya pengamanan dari pihak kepolisian.

Saat terjadinya aksi pembakaran kotak suara dan perusakan kantor desa serta kecamatan yang dilakukan ratusan massa salah satu pendukung calon, jumlah aparat kepolisian hanya ada sekitar dua orang personil.

Kapolsek Sepatan Kompol Sunaryo yang dihubungi Banten Hits.com, Minggu malam (30/06) membenarkan kurangnya jumlah personil kepolisian sebagai salah satu faktor penyebab massa bertindak anarkis.

“Jumlah personil kita cuma sedikit dan kalah dengan jumlah massa dari salah satu pendukung calon, sehingga bentrokan pecah,” ujarnya.

Hal serupa juga diakui sejumlah warga Kecamatan Sepatan yang mengetahui saat terjadinya aksi perusakan kantor kecamatan dan pembakaran kotak suara pemilihan.

Regi Komarudin menceritakan, pihak kepolisian tidak bisa berbuat banyak ketika ratusan massa pendukung salah satu calon bertindak anarkis.

“Saat itu cuma ada dua polisi yang berjaga di kantor kecamatan. Sedangkan massa jumlahnya ratusan,” ujarnya.

Regi menuturkan awalnya polisi berupaya mengevakuasi dan mengamankan kotak suara pemilihan ke Mapolsek Sepatan, namun kemudian dialihkan ke kantor Kecamatan Sepatan.

Rupanya di kantor kecamatan, ratusan massa salah satu pendukung calon sudah menunggu. Kotak suara yang dibawa oleh polisi kemudian direbut dan dibakar di halaman kantor kecamatan.

Berdasarkan pantauan, akibat kerusuhan ini sejumlah kaca di kantor Kecamatan Sepatan pecah. Kondisi terparah justru terjadi di Kantor Desa Pondok Jaya. Selain kaca pecah, sejumlah berkas kantor juga diobrak-abrik.

Untuk mengantisipasi kerusuhan susulan, kini polisi sudah disiagakan baik di kantor desa maupun kecamatan dengan jumlah personel lebih banyak lagi. (Soed)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...