RTH di Tangsel Masih Kurang

Date:

Banten Hits.com– Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Tangerang Selatan hingga saat ini masih belum memenuhi syarat pemenuhan  30 persen luasan RTH seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang Wilayah. Saat ini, Kota Tangerang Selatan baru memiliki 18 persen RTH.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan Rahmat Salam, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir minggu lalu mengatakan, Pemkot Tangerang melalui BLHD, terus mencari cara dalam pemenuhan 30 persen RTH tersebut.

Banten Hits.com– Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Tangerang Selatan hingga saat ini masih belum memenuhi syarat pemenuhan  30 persen luasan RTH seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang Wilayah. Saat ini, Kota Tangerang Selatan baru memiliki 18 persen RTH.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan Rahmat Salam, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir minggu lalu mengatakan, Pemkot Tangerang melalui BLHD, terus mencari cara dalam pemenuhan 30 persen RTH tersebut.Menurut Rahmat Salam, luasan 18 persen RTH yang dimiliki Kota Tangerang Selatan saat ini adalah seluas 147 kilometer persegi.

Rahmat mengaku optimistis, Kota Tangerang Selatan pada akhir tahun ini atau pada awal tahun depan bisa mencapai target yang telah ditentukan undang-undang. Pasalnya dari data yang ada, di Kecamatan Ciputat Timur tepatnya di perbatasan Tangsel dengan Cinere, masih ada hutan kota yang begitu panjang, sepanjang Sungai Cinere. Dengan begitu, jumlah RTH di Tangsel bertambah dengan adanya hutan dari perumahan Cinere Mas.

“Pihak pengembang Cinere Mas, memasukan hutan kotanya menjadi hutan Kota Tangsel dan jumlah luasnya pun cukup luas, sehingga bisa menambah RTH yang ada,”ungkapnya.

Rahmat mengatakan, lahan di Ciputat Timur memberikan kontribusi RTH terbesar bagi Kota Tangerang Selatan. Selain adanya hutan kota, di Ciputat Timur juga terdapat dua situ yakni Situ Bungur dan Situ Gintung.

Sehingga menurut Rahmat, untuk wilayah Ciputat Timur ditambah pula 9 situ yang ada di Kota Tangsel, pemerintah kota mengalami kenaikan jumlah RTH sebanyak 7 hingga 10 persen. Sehingga jumlah RTH untuk Kota Tangsel bisa bertambah hingga 25 hingga 28 persen.

“Makanya kami yakin diakhir tahun ini atau paling lambat di awal tahun depan RTH dapat kami penuhi hingga 30 persen,” ucapnya.

Namun, Kota Tangsel masih memiliki pekerjaan rumah untuk membenahi RTH di beberapa kecamatan lain. Seperti Kecamatan Setu  yang paling minim RTHnya.

“Kita berusaha, untuk terus meningkatkan atau menambah RTH di Kecamatan Setu, dikarenakan dari 7 Kecamatan yang ada, Setu paling minim. Sebab lahan hijau yang ada sudah milik pribadi, jadi sewaktu-waktu bisa dialih fungsikan,”katanya.

Sementara itu, menanggapi keadaan RTH Kota Tangsel yang masih kurang, Pengamat Lingkungan Hidup Wahana Hijau Fortuna (WHF), Romly Revolvere, malah merasa pesimis jika kekurangan RTH di Tangsel dapat terpenuhi. Selain sulit mendapatkan lahan untuk RTH, saat ini Pemkot Tangsel juga masih terus memberikan perijinan untuk pembangunan pemukiman baru dan pusat bisnis.

Selain itu, harga tanah yang tinggi, menghambat pemkot untuk pengadaan tanah untuk kebutuhan RTH. Menurutnya, solusi alternatif yang bisa dikembangkan Pemkot Tangsel adalah melakukan penegakan regulasi yang juga bisa memaksa pihak pengembang untuk menyediakan RTH privat.

“Selain itu, fasilitas-fasilitas publik yang masih menyisakan lahan kosong bisa dimanfaatkan untuk RTH,” katanya.

Bukan hanya untuk mengejar pemenuhan kuota, hal lain yang harus diperhatikan pemkot adalah soal pemerataan RTH di tiap-tiap wilayah, sehingga fungsi RTH bisa dinikmati seluruh masyarakat Tangsel.

“Selain itu, publik pun harus diajak berpartisipasi aktif, beberapa program yang pernah dicanangkan Pemkot Tangsel. Seperti program penanaman pohon yang konsisten, tidak terhenti dan terkesan hanya seremonial semata,” ungkapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...