Teman Ketupat Yang Menggoda

Date:

Hari raya Idul Fitri di Indonesia sangat lekat sekali dengan berbagai sajian yang menggugah selera. Ketupat yang padat dengan tekstur yang lembut akan lebih nikmat bila dinikmati dengan teman yang tepat.

Teman ketupat Lebaran memang banyak jenisnya. Mulai dari olahan lokal hingga yang sudah menjadi tren saat Hari Raya. Dalam edisi Citarasa kali ini, redaksi Banten Hits akan mengulas soal teman ketupat yang biasa dimasak saat Hari Raya, seperti opor ayam, rendang, sambal goreng kentang dan sayur ketupat.

Untuk opor ayam, akan lebih nikmat bila pembaca menggunakan ayam kampunng, akan tetapi ayam negeri juga bisa kok direkomendasikan untuk olahan opor ayam. Opor ayam jenisnya ada yang berkuah kuning kunyit ataupun berkuah sedikit dengan warna putih santan.

Selain opor ayam, biasanya rendang juga menjadi sajian yang ikut disuguhkan di meja makan saat Lebaran. Santan kental yang dipadu dengan berbagai bumbu rempah dan dimasak hingga mengering terasa nikmat dan pas untuk menjadi teman ketupat Lebaran.

Sambal goreng kentang biasanya tidak akan ketinggalan disajikan untuk lebaran, variasi cara masak sambal goreng kentang juga bisa Anda praktikkan di rumah. Ada sambal goreng kentang yang menggunakan santan, ada juga yang tidak menggunakan santan.

Agar lebih menarik dan nikmat saat masuk ke mulut, ada baiknya pembaca mencampur beberapa bahan lain diolahan sambal goreng kentang, seperti kerupuk kulit, hati sapi, ampela ayam. Untuk lebih menghadirkan warna dan sedikit aroma, pembaca bisa menambahkan petai.

Nah selain makanan di atas, masih banyak teman sajian ketupat yang bisa jadi alternatif untuk disajikan saat Hari Raya yang akan jatuh Kamis (8/8/2013). Sajian dari daerah Makasar bisa menghadirkan ketupat dengan Coto Makasar, Tasikmalaya dengan sayur ase dan mustopa, Betawi dengan semur daging dan masih banyak lagi makanan se-Nusantara yang bisa menjadi teman ketupat saat Hari Raya. (Riani)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kehadiran Abaa Bakery Membuat Oleh-oleh Khas Kota Tangerang Lebih Warna-warni

Berita Tangerang - Bagi Anda penggemar makanan khas Tangerang,...

Mengenal Es Kembang Telang; Produk UMKM yang Kini Populer Jadi satu-satunya di Tangerang

Berita Tangerang - Es kembang telang mendadak ramai jadi...

Mencecap Kopi sambil Menikmati Suasana Khas Jawa di Kedai Kopi Taraka

Berita Tangerang - Suasana khas Jawa sangat kental terasa...

Buruan Merapat! Waroeng Steak and Shakes Buka Cabang di Jalan Ir. H. Juanda Ciputat, Persis Depan UIN

Berita Tangsel - Pionir restoran steak dengan harga terjangkau,...