Foto Baduy Dalam muncul di “Treasure of Baduy – The Living Culture Harmony”?

Date:

Banten Hits – Poster sebuah kegiatan pameran foto bertajuk “Treasure of Baduy – The Living Culture Harmony”, disoal sejumlah pegiat fotografi dan budayawan di Banten. Pasalnya, poster pameran foto yang akan digelar 16-19 Mei 2014 mendatang di Tokyo ini, menampilkan salah satu warga baduy dengan latar yang diyakini sebagai Kampung Cibeo, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak.

Kampung Cibeo adalah salah satu kampung  yang termasuk Baduy Dalam. Seperti diketahui, salah satu point yang tercantum di Tata Tertib Saba Budaya di lingkup Baduy tertulis, bagi tamu yang akan berkunjung ke Desa Kanekes harus menghargai serta menghormati adat istiadat masyarakat Baduy.

Point selanjutnya memuat larangan untuk memotret, membuat film/merekam video, dan membuat rekaman suara, khusus di wilayah Baduy Dalam yang meliputi Kampung Cibeo, Cikertawana, dan Cikeusik.

Protes keras terkait pemuatan foto dengan latar yang diduga di Baduy Dalam ini, di antaranya dilontarkan oleh Firman Venayaksa, seorang aktivis kebudayaan yang bergiat di Rumah Dunia. Selain Firman, protes serupa juga dilemparkan para pegiat fotografi di Banten,

Mereka menyebut pemasangan foto Baduy Dalam di poster kegiatan pameran foto itu sebagai tindakan yang dikategorikan perampokan kebudayaan.

Belum diketahui secara pasti siapa orang yang mengambil gambar dengan objek wilayah yang memang dilarang untuk difoto atau direkam secara audio/visual tersebut. Namun informasi yang diperoleh, orang yang mengambil foto tersebut adalah seorang mantan wartawan di salah satu media nasional di Indonesia.

Sementara, dalam poster pameran foto yang menggunakan foto Baduy Dalam itu dicantumkan logo salah satu kementerian, yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...