Connect with us

SENI & BUDAYA

Fotografer dan Blogger Banten Sebut “Maling” Pemotret di Baduy Dalam

Published

on

Banten Hits – Sejumlah fotografer dan blogger di Banten meyakini, fotografer yang mengambil gambar Baduy Dalam melakukannya secara diam-diam alias maling. 

Dari penelusuran Banten Hits, asal muasal didapatnya poster pameran foto Baduy Dalam berasal dari akun facebook Aulia Chloridiany yang diupload pada hari Selasa (06/05/2014) dengan tautan berikut: https://m.facebook.com/photo.php?fbid=10152078946187078&id=700712077&set=a.10151173964762078.442967.700712077&source=46&refid=17.

Informasi lain yang Banten Hits dapatkan, fotografer yang akan memamerkan fotonya di negeri sakura tersebut adalah Don Hasman. Ketika dihubungi lewat akun facebooknya, Don Hasman tidak mengonfirmasi maupun membantah pertanyaan Banten Hits.

Sebelumnya, sejumlah fotografer di Banten yang tergabung dalam komunitas Fotografer Muallaf bersama sejumlah blogger, meminta supaya masyarakat Tokyo menyampaikan keberatan dari fotografer dan blogger di Banten terhadap sejumlah fotografer yang menggelar pameran di Tokyo dengan tema “Treasure of Baduy”.

BACA :  4 Negara Akan Ikuti Festival Budaya di Tangerang

Menurut Firman Venayaksa, salah seorang pegiat fotografi di komunitas Fotografer Muallaf, tindakan memunculkan foto Baduy Dalam di poster pameran foto itu merupakan perampokan kebudayaan. Firman mengatakan, menurut etika, melakukan pemotretan di Baduy Dalam adalah tindakan yang tidak diperkenankan.

“Memotretnya saja tidak boleh, apalagi sampai dipamerkan,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Achmad Anwar Sanusi alias Uchie, seorang blogger pemerhati masyarakat adat Baduy yang digelari Satria Sunda Wiwitan oleh rekan-rekannya. Menurut Uchie,  siapapun fotografer yang akan memamerkan foto-foto Baduy Dalam di Tokyo, itu merupakan tindakan tidak beretika.

“Karena masyarakat Baduy Dalam melarang siapapun memotret di lingkungan Baduy Dalam. Itu adalah aturan adat nenek moyang yang mereka pegang teguh hingga kapanpun,” jelas Uchie.(Rus)

BACA :  Sambut Puasa dengan Keramas Bersama di Cisadane



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler