Connect with us

METROPOLITAN

Kementerian Keuangan Kembali Apresiasi Kinerja Keuangan Kota Tangerang

Published

on

Banten Hits.com – Kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan RI karena (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tangerang Tahun 2013 Mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

Banten Hits.com – Kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan RI karena (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tangerang Tahun 2013 Mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selepas menerima Piagam Penghargaan di Gedung Dhanapala, Jl. Senen Raya No. 1 Jakarta Pusat, Jum’at (12/09) malam, Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan dengan diraihnya kembali penghargaan ini diharapkan Pemkot Tangerang beserta aparaturnya tetap konsisten dalam membangun dan menerapkan sistem keuangan yang akuntabel, transparan sehingga akan senantiasa memberikan hasil pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Tangerang.

BACA :  Merasa Tidak Diaku, Dua Kepala Daerah di Tangerang Minta Ganti Nama Bandara Soetta Cengkareng

Komitmen Pemkot terlihat dengan telah diterapkannya sistem pengelolaan keuangan secara online berbasis akrual melalui Spektra sejak 2013.

Melalui sistem ini, setiap proses, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporannya tercatat dan menghasilkan data yang akurat serta dapat disajikan dengan lengkap sehingga memudahkan dalam mengontrol cash flow keuangan daerah.

Menurut Walikota Tangerang tata kelola keuangan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas akan terus diterapkan sebagai amanah dari Reformasi Keuangan Negara.

Apalagi mengelola keuangan Pemkot sama halnya mengelola uang masyarakat karena sumber keuangan pemerintah berasal dari masyarakat. Sebagai aparatur pemerintah, kita wajib mengelola dan memberikan output yang terbaik bagi masyarakat.

“Tugas mengelola keuangan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” papar Walikota.

BACA :  DBMDA Pandeglang Ancam Blacklist Pelaksana Proyek Jalan Sodong Kadumula

Apalagi dalam paparan Wakil Presiden, H. Boediono juga menegaskan kedepan daerah-daerah diharapkan tetap bisa memberikan dan menyajikan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangannya. Bagi yang telah mendapatkan WTP saja belum tentu bebas KKN apalagi yang belum mencapainya.    

Diakhir paparannya, Walikota menuturkan capaian ini, tentunya tak ingin terputus karena kendurnya kinerja dalam hal pengelolaan keuangan. Salah satu bentuk komitmen dan upaya Pemkot untuk tetap menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah berjalan dengan baik selama ini selain telah menerapkan Spektra juga dengan menggelar Diklat Penerapan Sistem Akuntansi Akrual Berbasis Spektra kepada para pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang. “WTP atau penghargaan ini bukanlah tujuan akhir. Menerapkan budaya akuntabel dan transparan itu yang terpenting,” pungkasnya. (ADVERTORIAL)

BACA :  Sepotong Kenangan dan Ancaman Nyata Bencana Lingkungan di Sungai Ciujung



Advertisement
Click to comment

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh