Connect with us

PERSONA

Alami Cerebral Palsy, Achsan Terus Berkarya Raih Impiannya Menjadi Penyair

Published

on

Banten Hits.com – Kendati mengalami keterbatasan fisik, namun persoalan mengukir prestasi baik di kancah daerah hingga tingkat nasional tak menjadi halangan bagi Ahmad Achsan (11). Putera ketiga dari pasangan Elli Dahleni (39) dan Widarto (48) yang menderita Cerebral Palsy atau gangguan gerakan pada otot ini bahkan memiliki kecerdasan dan daya ingat yang tinggi melebihi anak-anak seusianya.

Achsan yang tinggal di Jalan Lada Blok A3 No 2, Bukit Bata Sejahtera (BBS) 2, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon ini sudah

mengidap gangguan pada syaraf motoriknya sejak ia masih dalam kandungan ibunya.

Ditemui di rumahnya, Achsan yang selalu ditemani kursi rodanya, mengaku, tak mau menyerah dengan kondisi yang dialaminya saat ini. Ia mengaku, terus melatih kemampuannya dan melakukan segala aktivitas kehidupannya sehari-hari dengan mandiri. Dengan keterbatasan yang dialaminya, Achsan diketahui sudah memiliki 35 karya berupa puisi yang akan dibukukan.

Dengan doa dan selalu didampingi orang tua tercinta, Achsan terus melatih kemampuan yang dimilikinya hingga berencana pada awal tahun 2015 mendatang ia akan menerbitkan sebuah buku. Ia juga akan tampil di sejumlah acara di beberapa media televisi seperti Kick Andy, Hitam Putih dan Menggapai Harapan.

“Mamah adalah orang yang selalu terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada aku,” kata Ahcsan yang mengaku memiliki cita-cita sebagai penyair terkenal.

Selain itu, Achsan juga mempunyai kepribadian yang patut diacungi jempol, karena dengan keterbatasan yang dimilikinya, tidak membuat halangan bagi dirinya dalam bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Sangat komunikatif, bahkan ramah dan suka bercanda. Menurutnya, apa yang diraihnya saat ini tak lepas dari dorongan dan dukungan orang-orang di sekitarnya.

Dari puluhan puisi yang merupakan karyanya, ada salah satu puisi yang paling disukai Achsan, yang berjudul “Harapan Kecilku”. Puisi tersebut, merupakan curahan hati dirinya selaku anak penderita Cerebral Palsy.

“Kalau nanti puisinya dibukukan, covernya akan aku beri judul Berkarya Di Atas Kursi Roda,” akunya.

Elli Dahleni, menuturkan, Achsan merupakan sosok anak yang memiliki keinginan kuat untuk menggapai impiannya dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Elii juga mengaku, puteranya juga sering memberikan ide dan motivasi kepada dirinya untuk melakukan hal-hal yang positif.

“Achsan selalu memberikan ide untuk mendirikan Paud, Homeschooling, Bimbel di rumah. Alhamdulillah sekolah ini pun sudah satu tahun berjalan,” ungkapnya.

Namun, Elli menjelaskan, saat ini anaknya tengah bersedih, lantaran untuk sementara waktu tidak bisa berkarya dan menuangkan idenya ke dalam sebuah puisinya. Laptop yang juga menenaminya setiap hari, sedang mengalami kerusakan.

“Laptopnya rusak, kan dia suka belajar baca dan mengetik lewat komputer karena praktis tinggal pencet. Sementara untuk menggunakan tangannya dia kesulitan,” imbuhnya. (Nda)

Trending