‘BaKKar’, Cara Anak Muda di Sentul Jaya Lestarikan Karinding

Date:

Banten Hits.com – Banyak alat musik dari daerah tanah Sunda yang terbuat dari  bambu, sebut saja Angklung dan Seruling. Mungkin, nama-nama alat musik tersebut sudah sangat familiar di teliga kita, tapi, apakah anda tahu dengan alat musik bernama Karinding?.

Banten Hits.com – Banyak alat musik dari daerah tanah Sunda yang terbuat dari  bambu, sebut saja Angklung dan Seruling. Mungkin, nama-nama alat musik tersebut sudah sangat familiar di teliga kita, tapi, apakah anda tahu dengan alat musik bernama Karinding?.

Keunikan dan kecintaannya pada seni budaya Karinding, membuat para pemuda/i di Kampung Jaha, Desa Sentul Jaya, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, membuat sebuah perkumpulan dan menamakannya Barak Karinding (BaKKar).

Barak Karinding diartikan, Barak adalah tempat tinggal bersama, Karinding adalah alat musik yang berasal dari tanah sunda dengan filosofi Yakin, Sabar dan Sadar.

BaKKar sendiri sudah berdiri sejak tahun 2011 dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang yang merupakan para pemuda di wilayah tersebut.

“Anggota kami sebanyak 30 orang yang kita ambil dari pemuda, pemudi kampung Jaha sendiri,” ujar Ahmad Lamhatunnadzori, salah satu pendiri BaKKar kepada Banten Hits.com.

Ahmad menambahkan, tujuan mendirikan BaKKar bersama rekan-rekannya tersebut, agar alat musik seni Karinding bisa dikenal oleh masyarakat banyak, khususnya bagi warga asal Sunda.

“Alat musik karinding belum banyak dikenal masyarakat, dan disinilah kami ingin mengenalkan kepada masyarakat sekaligus melestarikan kesenian budaya warisan leluhur agar tidak punah tergerus globalisasi dan terganti oleh budaya atau seni dari negara asing,” paparnya.

Untuk diketahui, Karinding merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup. Pada zaman dahulu, Karinding, adalah alat yang digunakan oleh para karuhun untuk mengusir hama di sawah. Bunyi yang berasal dari Karinding yang low decible  sangat merusak kontrentasi hama. Karena mengeluarkan bunyi tertentu, maka disebutlah sebagai alat musik. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...