Ketegangan antara RI-Australia Tak Pengaruhi Kolaborasi Seniman Dua Negara

Date:

Banten Hits.com – Di tengah ketegangan hubungan antara Pemerintah Indonesia-Australia terkait dengan rencana eksekusi mati terhadap 2 warga negara Australia dalam kasus Narkoba. Pemandangan berbeda justru ditunjukkan oleh hubungan seniman antar kedua negara ini yang justru terlihat ‘mesra’.

Banten Hits.com – Di tengah ketegangan hubungan antara Pemerintah Indonesia-Australia terkait dengan rencana eksekusi mati terhadap 2 warga negara Australia dalam kasus Narkoba. Pemandangan berbeda justru ditunjukkan oleh hubungan seniman antar kedua negara ini yang justru terlihat ‘mesra’.

Ya, hal tersebut terlihat saat Komunitas Rumah Dunia kedatangan tiga orang seniman asal Australia yang berkolaborasi dengan penyair Sunda Godi Suwarna. Kedatangan seniman asal Negeri Kangguru ini dalam rangka sebuah pertunjukan teater di beberapa Kota di Indonesia.

Sandra Long sang Sutradara, Jodee Mundy sang aktris, Mal Webb sang musisi, tiba di Banten, Kamis (19/02/2015) lalu, bersama group yang asuhan Godi Suwarna setelah sebelumnya melakukan pementasan di Kota ‘Kembang’ Bandung dan Jakarta.

Godi Suwarna, sang penyair Sunda yang karyanya diterjemahkan dalam bentuk pertunjukan teater oleh para seniman Australia itu mengatakan, ketegangan antar Indonesia dan Australia biarlah terjadi hanya antar pemimpin saja, sementara antar seniman dan rakyat kedua bangsa lebih baik menikmati pertunjukan seni saja “Seni yang menyatukan,” terangnya.

Sementara, Sandra Long yang ditanya opininya mengenai hubungan terkini antar kedua negara enggan mengomentarinya, ia lebih memilih untuk bicara soal pertunjukan yang akan digelar pada Sabtu (21/02/2015), malam di halaman gedung Surosowan Rumah Dunia Komplek Hegar Alam, Kampung Ciloang Kemang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Sandra mengatakan, Veins Of The Universa (Urat Jagat) adalah pertunjukan untuk menyampaikan pesan alam kepada manusia berkaitan dengan kerusakan alam, kelestariannya, fauna, konflik antar manusia dan seterusnya.

Namun ketika ditanya soal isu warga Australia yang berencana untuk memboikot Bali jika eksekusi mati tetap dilakukan, Sandra menjawab pendek.

“I’am going to Bali anyway (Saya akan tetap pergi ke Bali),” ungkapnya dengan senyum ramah mengembang.

The Veins Of Universe, akan dipentaskan di pulau Bali sebelum group yang dipimpin Sandra mementaskannya di Melbourne Australia. Sabtu (21/02/2015) pagi. Saat Banten Hits.com memberitakan hal ini, Sandra, Jodee, dan Mel tengah memberikan workshop teater bagi para pelajar, mahasiswa, dan komunitas teater. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...