Wacana Pembangunan Jembatan Selat Sunda Kembali Digemborkan

Date:

Banten Hits.com – Wacana pembangunan Selat Sunda yang pernah digagas mantan Presiden Soekarno tahun 1960 kembali digemborkan, Pembangunan Selat Sunda yang dimungkinkan memakan biaya hingga triliunan dianggap sudah saatnya direalisasikan.

Banten Hits.com – Wacana pembangunan Selat Sunda yang pernah digagas mantan Presiden Soekarno tahun 1960 kembali digemborkan, Pembangunan Selat Sunda yang dimungkinkan memakan biaya hingga triliunan dianggap sudah saatnya direalisasikan.

Hal tersebut terungkap dalam seminar yang digelar Tabloid Negarawan yang bekerjasama dengan Institut Lembang Sembilan (IL-9), di aula kampus Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang – Banten, Rabu (11/3/2015) kemarin.

Seminar yang dihadiri ratusan mahasiswa dan kalangan muda tersebut menghadirkan pembicara Anggota Dewan Kelautan Indonesia Profesor Dr Hasyim Jalal, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Anggota DPRD Banten Ananta Wahana.

Dalam diskusinya Hasyim Jalal mengatakan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) sudah menjalani riset kajian yang matang dan memakan waktu selama dua puluh tahun.

“Kita harus punya visi maritim yang memperkuat NKRI dan mempersatukan kekuataan Indonesia. Kita harus lihat sejarah dulu bisa bangun borobudur 1000 tahun, kenapa bangun Jembatan Selat Sunda takut? “ katanya.

Memang diakui Hasyim anggaran yang dikeluarkan untuk merealisasikan JSS ini memang tinggi. Tapi ini akan dapat menjadi modal sangat berharga untuk menapaki perjalanan bangsa ini dan bisa menjadi sumber keunggulan dan mensejahterakan rakyatnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten Ananta Wahana mengatakan, pembangunan JSS itu perlu tapi tetap tidak mengabaikan pembangunan hal pokok yang diperlukan masyarakat Banten.

“Memang diperlukan, tapi jangan sampai mengabaikan pembangunan di berbagai bidang seperti, pendidikan, infrastruktur jalan dan kemudahan akses kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Aryo Rama Chandra, Pemred Tabloid Negarawan. Kata Aryo, JSS bisa menjadi ikon kedaulatan maritim Indonesia. Pasalnya, Selat Sunda merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang manjadi jalur perlintasan pelayaran internasional terpadat

“Keberadaan JSS akan memperkuat dan mempertegas kedaulatan maritim Indonesia di dunia internasional. “Dengan adanya JSS maka sistem kedaulatan maritim Indonesia akan lebih terstruktur dan lebih fokus,” kata Aryo.

Usai seminar tersebut, para peserta menandatangani petisi dukungan pembangunan JSS. Bahkan sejumlah mahasiswa menggalang aksi tanda tangan mendukung pembangunan JSS di luar Aula kampus UNIS Tangerang.(Dini)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...