Puskesmas Rawat Inap, Komitmen Pemkot Tangerang Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Date:

Banten Hits – Tingkatkan kualitas dan sarana kesehatan bagi masyarakatnya, Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang ditahun 2015 ini akan segera merealisasikan pembangunan puskesmas rawat inap dengan menggunakan anggaran APBD 2015.

Walikota Tangerang, Arief R.Wismansyah mengatakan bahwa berdasarkan profile seluruh wilayah kota Tangerang dan kajian masterplan  di bidang kesehatan, kota Tangerang masih membutuhkan 20 puskesmas lagi,  sementara ini puskesmas yang ada baru mencapai 32 Puskesmas dan 2 puskesmas pembantu yang melayani 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan.

“Pemkot akan terus memenuhi sarana kesehatan atau puskesmas dengan konsep puskesmas rawat inap yang pembangunannya akan lebih diprioritaskan di wilayah pinggiran Kota Tangerang, yang jaraknya berjauhan dengan rumah sakit umum seperti Kecamatan Benda, Cibodas dan Larangan,” kata Arief.

Dengan adanya puskesmas rawat inap kata Arief akan mempermudah aksebilitas masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan. Dan untuk tahun 2015 ini, pembangunan puskesmas rawat inap akan direalisasikan di wilayah Kecamatan Larangan Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Rostiwie mengatakan bahwa puskesmas rawat inap ini akan menggunakan anggaran APBD Kota Tangerang tahun 2015 yang diperkirakan mencapai Rp.9 Miliar.

“Anggarannya dari APBD, saat ini masih lelang, kami targetkan selesai dalam 6 bulan,” jelasnya, Jumat (20/3/2015).

Nantinya puskesmas rawat inap ini akan dapat melayani beberapa penyakit yang memang diperlukan perawatan intensif atau menginap, seperti DBD, Diare, Tipoid, persalinan. “Ya yang perlu rawat tapi ringan, pelayanan pengobatan jalan juga akan lebih ditingkatkan dengan penambahan poli,” tuturnya kembali.

Beberapa poli yang akan ada di Puskesmas Rawat Inap Larangan Utara  diantaranya adalah poli umum, poli anak, poli gigi, poli TB Paru, Poli kandungan. Untuk ruang rawat, rencananya Pemkot akan menyediakan setidaknya 20 – 25 tempat tidur untuk perawatan.

Untuk diketahui, selain puskesmas umum, saat ini di Kota Tangerang juga sudah memiliki puskesmas dengan persalinan yang berada di Cipondoh dan Gembor. (Advertorial)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...