Jangan Ngaku Penggemar Durian, Kalau Belum Mencicipi Tiga Jenis Durian Ini

Date:

Bumi Banten memang tersohor sebagai tanah para jawara. Identitas itu sampai saat ini tetap melekat. Selain populer dengan sebutan tanah jawara, Banten juga terkenal sebagai sentra buah-buahan di Nusantara.

Ada satu jenis buah-buahan yang menjadi andalan Propinsi yang ‘memerdekakan’ diri dari Jawa Barat ini. Anda pastinya sudah sangat hafal. Durian. Ya, di tanah jawara ini, durian menjadi salah satu buah-buahan andalan Banten.

Nah bagi anda para pecinta durian, jangan lewatkan momentum akhir pekan anda untuk berburu durian di tanah jawara ini.

Diakui atau tidak, durian memang buah yang paling digemari banyak orang. Para pecinta durian akan rela merogoh kocek mereka berapapun asal bisa menikmati rasa buah yang eksotis ini.

Di Banten, ada tiga jenis buah durian orisinil dan sudah sangat tersohor di kalangan para penggemar buah yang dianggap sebagai raja buah-buahan ini.

Pertama adalah durian Varietas Mentega. Varietas ini sangat disukai karena dagingnya yang manis, tebal, dan pulen. Di kalangan laki-laki pecinta durian Banten, varietas ini bentuk dagingnya dijuluki ‘mukung’. Istilah tersebut dipakai karena varietas durian ini memiliki kemiripan dengan bentuk kemaluan perempuan yang tebal.

Tentu saja sebutan itu dipakai bukan untuk berporno ria, tetapi menunjukan bahwa durian mentega memiliki bentuk yang menarik hati dan rasa yang sangat nikmat.

Menurut ahli durian Prof Mohamad Reza Tirtawinta, durian ini justru banyak digemari kaum perempuan. “Rasanya khas selera ibu-ibu,” ungkapnya.

Kedua adalah Varietas Bintang. Jenis ini memiliki warna kuning kehijauan yang memikat mata, sementara dagingnya terasa manis lengket. Sedang yang ketiga adalah jenis varietas Radio. Ketebalan varietas yang satu ini memang tidak setebal kedua varietas yang sebelumnya disebutkan, namun memiliki rasa manis yang khas.  Karena ada sensasi rasa pahitnya, orang Pandeglang menyebut rasa itu dengan Pahang. Gabungan rasa manis dan pahit yang disematkan pada durian.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Greentul (baca: Grintul) yang bergerak di bidang pertanian mengatakan orang Banten banyak sekali pecinta durian, karenanya tanah ini dibanjiri durian dari Medan, Aceh, Palembang, Lampung dan daerah lain. Tetapi kalau ditanya tentang durian lokal belum tentu mengetahuinya.

“Jika dilihat dari nilai komersil dari ketiga varietas tersebut, si Mentega punya nilai tertinggi,” akunya.

Bagi anda yang ingin menjajal nikmatnya tiga varietas durian asli tanah jawara itu, anda bisa berburu antara lain di sepanjang jalan raya Serang-Pandeglang.

Di lokasi tersebut, anda bisa menemukan kedai dan pedagang durian yang berjualan di pinggir jalan. Tapi anda mesti berhati-hati. Untuk bisa menemukan durian asli Banten ini perlu ketelitian dan kejelian, karena banyak varietas durian dari berbagai daerah yang dijual di lokasi tersebut. Teliti sebelum membeli supaya tidak merugi. Begitu kata ungkapan yang sudah sangat terkenal. Ayo tunggu apalagi….(Uud)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kehadiran Abaa Bakery Membuat Oleh-oleh Khas Kota Tangerang Lebih Warna-warni

Berita Tangerang - Bagi Anda penggemar makanan khas Tangerang,...

Mengenal Es Kembang Telang; Produk UMKM yang Kini Populer Jadi satu-satunya di Tangerang

Berita Tangerang - Es kembang telang mendadak ramai jadi...

Mencecap Kopi sambil Menikmati Suasana Khas Jawa di Kedai Kopi Taraka

Berita Tangerang - Suasana khas Jawa sangat kental terasa...

Buruan Merapat! Waroeng Steak and Shakes Buka Cabang di Jalan Ir. H. Juanda Ciputat, Persis Depan UIN

Berita Tangsel - Pionir restoran steak dengan harga terjangkau,...