Connect with us

METROPOLITAN

Sachrudin: PPID Harus Siap Hadapi Permohonan Informasi dari Masyarakat

Published

on

Banten Hits.com – Lahirnya Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, merupakan jaminan masyarakat dalam memperoleh Informasi Publik yang juga menjadi kewajiban kepada Badan Publik untuk membuka akses seluas-luasnya Informasi Publik. Terlebih di era digital seperti sekarang, segala bentuk jenis informasi yang semakin mudah diperoleh. Kemudahan akses untuk memperoleh informasi seakan membuat informasi menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat.

 

Banten Hits.com – Lahirnya Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, merupakan jaminan masyarakat dalam memperoleh Informasi Publik yang juga menjadi kewajiban kepada Badan Publik untuk membuka akses seluas-luasnya Informasi Publik.

Terlebih di era digital seperti sekarang, segala bentuk jenis informasi yang semakin mudah diperoleh. Kemudahan akses untuk memperoleh informasi seakan membuat informasi menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat.

BACA :  21 Paket Ganja Siap Edar Diamankan Polisi

“PPID kita harus siap dan sigap dalam menghadapi berbagai permohonan informasi masyarakat,” kata Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, saat menutup Rakor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), di ruang Akhlakul Karimah Puspemkot Tangerang, Kamis (2/4/2015).

Dalam siaran pers yang diterima Banten Hits.com dari Bagian Humas Pemkot Tangerang, Sachrudin menjelaskan, Pemkot Tangerang sebagai badan publik sejak tahun 2011 lalu telah membentuk PPID yang dituangkan melalui Surat Keputusan (SK) Walikota Tangerang nomor 800/Kep.284–Infokom/2011.

“Sebagai badan Publik, kita (Pemkot) sudah berupaya mengamalkan amanat perundangan tentang keterbukaan informasi publik dengan mengelola informasi dan dokumentasi yang dikuasai dan menyajikannya sesuai aturan perundangan,” terangnya.

Dirinya juga menegaskan, dengan dikeluarkannya Peraturan Walikota (Perwal) Tangerang nomor 1 tahun 2015 tentang Pengelolaan Informasi Publik, diharapkan, pelayanan informasi kepada masyarakat lebih optimal.

BACA :  Hari Ini Antasari Azhar Bebas, Dua Profesi Ini Bakal Jadi Pilihannya

“Sebelumnya PPID bersifat desentralistik, tapi sekarang dengan SK Walikota Tangerang nomor 800/Kep.49–HUMAS/2015 yang merupakan turunan dari Perwal nomor 1/ 2015 PPID Pemkot Tangerang ada di Bagian Humas dan PPID Pembantu di tingkat OPD yang dijabat Sekretaris OPD atau pejabat yang membidangi informasi dan dokumentasi,” papar nya. (Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler