Connect with us

GAYA HIDUP

Dipercaya Bikin Awet Muda, Warga Pandeglang Makan Kencur 1 Kg/ Minggu

Published

on

Siapa yang tidak tahu kencur? Salah satu bumbu dapur yang satu ini tentu banyak kita temukan di dapur rumah tangga karena biasanya dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga sebagai bahan atau bumbu masakan terutama dalam memasak masakan tradisional.

Pada zaman dulu, salah satu jenis tanaman obat yang mempunyai nama latin (Kaempferia galanga) ini lazim dikonsumsi sebagai obat sakit tenggorokan.

Tak hanya mempunyai segudang khasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, tanaman yang hidup diantara daerah dataran rendah atau juga pengunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak mengandung air ini juga dipercaya berkhasiat untuk membuat kulit wajah terlihat awet muda.

BACA :  Tips Belanja Kuliner

Salah satunya seperti yang dikatakan, Ina (43). Warga Kampung Sukamanah RT03 RW01, Kecamatan Baros, Kabupaten Pandeglang ini mengaku, dalam satu minggu biasa mengkonsumsi 1 kilogram Kencur.

Ina mengaku, kebiasaanya mengkonsumsi kencur tersebut sudah menjadi hal yang rutin dilakukan. Menurutnya, dengan mengkonsumsi Kencur, ia merasa stamina tubuhnya lebih bugar.

“Lebih sehat dan bugar, serta tidak tidak mudah terserang penyakit,” ujar Ina.

Tak hanya membuat tubuh bugar dan mencegah berbagai penyakit, salah satu alasan mengapa dirinya rajin mengkonsumsi kencur adalah khasiatnya yang membuat kulit wajah terlihat awet muda.

“Kulit kita bisa lebih terlihat awet muda, terutama wajah,” akunya.

Lalu bagaimana jika mengkonsumsi kencur dalam jumlah banyak? Apakah mempunyai efek sampaing yang tidak baik bagi tubuh kita?.

BACA :  BSB, Sulap Sampah Jadi Rupiah dan Lingkungan Indah

Ketua Peneliti Kesehatan Tradisional di Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dr Satriawati menjelaskan, bahwa, mengkonsumsi kencur dalam jumlah banyak sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh. Kencur justru sangat baik dikonsumsi bagi manusia untuk membantu mencegah datangnya berbagai penyakit.

“Tidak bahaya, justru bagus untuk menyehatkan tubuh terutama setelah beraktivitas seharian. Umumnya, orang yang rajin mengkonsumsi kencur akan merasakan khasiatnya yakni jarang sekali mudah terserang penyakit. Kencur juga bagus untuk merawat dan menjaga kulit tubuh,” paparnya.

Nah, kalau sudah tahu manfaat dan khasiatnya, sepertinya tidak ada salahnya kalau kita rajin mengkonsumsi tanaman atau tumbuhan tradisonal untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit tubuh dari dalam. Selain banyak manfaatnya untuk tubuh, tanaman tradisional juga sangat kecil efek sampingnya. (Nda)

BACA :  Saya Pelitas, Siap Menjaga Lingkungan di Tangsel sampai Tuntas!



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler