Connect with us

CITARASA

Menguji Rasa Durian Tergantung Bagaimana Selera Anda?

Published

on

Menilai rasa suatu makanan tentu sangat bergantung pada subjektifitas dari orang yang memakannya. Manakala tidak suka tentu makanan itu akan dinilai tidak enak dan segala penilaian negatif lainnya. Pun sebaliknya.

Lalu bagaimana menilai rasa suatu durian? Varietas manakah yang terbaik dari tiga jenis durian unggulan di Banten, Mentega, Bintang dan Radio?

Ini pendapat Prof Mohamad Reza Tirtawinata, pakar buah yang juga Ketua Yayasan Durian Nusantara.

Menurutnya durian adalah buah dengan rasa yang unik dan tidak stabil karena kualitas rasa dan warnanya dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga hasil ujian hanya dapat memberikan gambaran sesaat ketika buah tersebut diuji rasanya.

“Lain waktu, lain tempat. Lain personil panel, bisa saja hasilnya berbeda,” ujarnya akhir pekan lalu.

Tujuh orang panelis untuk menguji rasa ketiga varietas tersebut dipilih oleh Sang Profesor dari orang yang benar-benar belum pernah mencicipi varietas yang sama.

Hasilnya, ternyata durian Radio paling disukai.  Panelis memilih durian Radio di peringkat pertama sebanyak tiga kali.  Sedangkan varietas durian Mentega dan Bintang, keduanya sama-sama diberi peringkat pertama cuma dua kali.

Namun demikian, Prof Mohamad Reza tidak serta merta menyatakan varietas durian Radio lebih unggul dibanding dua varietas lain. “Karena persoalannya terletak di selera,” tegasnya.

Durian Radio dinilai paling enak oleh panelis karena rasanya yang “Pahang” (Gabungan rasa pahit dan manis yang menyatu pada buah durian). Sedangkan durian Mentega karena rasanya manis, buahnya tebal dan pulen, sementara Bintang disukai karena rasa manisnya lengket.

Prof Mohamad Reza Tirtawinata menyimpulkan, bahwa ketiga varietas durian tersebut semuanya pemenang karena punya penggemar masing-masing dan keunggulannya telah melampaui ribuan jenis durian dari varietas lain. (BACA JUGA: Jangan Ngaku Penggemar Durian, Kalau Belum Mencicipi Tiga Jenis Durian Ini)

Nah bagi anda yang mau bertaruh untuk menguji bagaimana sebenarnya selera rasa anda terhadap buah yang dijuluki raja buah-buahan ini, anda harus datang ke  Festival Durian Banten yang digelar di Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Jalan Syeikh Nawawi Al Bantani, Kota Serang,  Selasa (07/04/2015) .
(BACA JUGA: Mau Makan Durian Gratis? Kunjungi Festival Durian Banten!)

Selain melihat berbagai jenis durian yang akan dipamerkan, di acara itu anda juga nantinya bisa makan durian secara gratis. Kalau tidak percaya, datang saja dan buktikan…!!! (Uud)

Trending