Bupati Iti Sambut Ribuan Warga Baduy yang “Seba” di Pendopo

Date:

Dok. Banten Hits : Ananda Deni

Banten Hits.com – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, bersama wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Lebak beserta unsur Muspida, menyambut 1.957 warga Suku Baduy dalam Seba Warga Baduy Kabupaten Lebak tahun 2015, Jum’at (24/4/2015) malam, di Pendopo Bupati.

“Alhamdulillah, semoga Seba Baduy yang merupakan Seba Gede tahun ini bisa membawa berkah, khususna berkah dalam pertanian,” kata Bupati Iti.

Iti mengatakan, Seba yang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada setiap tahunnya, adalah budaya yang harus dijaga, sehjingga mampu membawa dampak positif.

“Ini adalah tradisi turun temurun. Bersyukur, di Seba Gede tahun ini katanya jumlahnya lebih gede (besar-red). Mudah-mudahan, ini juga salah satu bukti, percepatan pembangunan yang kita galakkan secara bersama-sama, terutama dalam menggali potensi pertanian dan perkebunan meningkat,” papar Bupati yang sudah kali kedua menyambut kegiatan yang menyerahkan hasil bumi berupa pertanian dan perkebunan milik warga Baduy kepada para pimpinan wilayah.

Iti menjelaskan, Pemkab Lebak secara konsisten mendorong, melindungi dan memelihara adat Suku Baduy dan sudah seyogyanya semua masyarakat ikut melestarikan. Kita tunjukkan, Lebak adalah daerah yang menjujung tinggi adat istiadat, dan kaya akan budaya.

“Baduy adalah aset budaya bangsa yang wajib kita junjung dan jaga keberadaannya untuk mewudjukan NKRI,” jelasnya.

Usai ritual Kawalu (Ramadan dalam kepercayaan Islam) masyarakat Baduy melakukan Seba, ritual silaturahmi dengan penguasa pemerintahan yang dilakukan juga dengan persembahan hasil bumi.

Pelaksanaan Seba yang dalam kalender Sunda Wiwitan jatuh pada bulan Sapar (berbeda dengan Safar Hijriah) yang berarti awal tahun, jatuh pada hari Jum’at (24/04/2015). Hujan mengguyur deras Ciboleger, salahsatu gerbang masuk menuju Baduy sejak Kamis (23/04/2015) malam.

(BACA JUGA : Pertama Kali dalam Sejarah, Keberangkatan Seba Baduy Menembus Hujan)

Ayah Mursyid, salah seorang warga Ciboleger yang akan melepas kepergian 72 orang Baduy Dalam menempuh perjalanan 94 kilometer untuk Seba, sepertinya risau, pandangan matanya berkali-kali melekat pada guyuran air hujan yang menimpa bumi. (Rus)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...