Connect with us

Cendekia Bicara

Incumbent Jangan Anggap Remeh Balon Lain

Published

on

Banten Hits.com – Bakal calon (Balon) incumbent Airin Rachmi Diany  diprediksi masih menang dalam pertarungan Pilkada Kota Tangsel yang bakal digelar pada Desember mendatang.

Meski demikian, ia diminta mesti berhati-hati terhadap sejumlah figur yang sudah mendaftarkan diri dan siap maju sebagai balon Walikota Tangsel. Sebut saja,  seperti Ivan Adjie, Herry Gagarin, Arsid, dan juga Abi Mus.

Menurut pengamat dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat, Reza Zulkifli, sejumlah nama balon yang tengah mencuat mesti diperhitungkan oleh incumbent.

Karena dalam pandangannya, mereka bakal memanfaatkan kelemahan-kelemahan Airin, terutama dalam persoalan infrastruktur di wilayah perbatasan Kota Tangsel yang kondisinya masih memprihatinkan.

“Airin diprediksi masih terkuat. Namun dia masih unggul di daerah yang dirasakan kemodernan Tangsel dan infrastruktur yang bagus, seperti di daerah Serpong, Serpong Utara, dan Ciputat,” kata Reza, Minggu (3/5/2015).

Ia mengatakan kondisi infrastruktur di wilayah perbatasan Kota Tangsel, seperti Pamulang dan Setu jomplang jika dibandingkan kawasan Kota Tangsel lainya. Buruknya infrastruktur di dua wilayah itu diprediksi nantinya bakal memengaruhi perolehan suara Airin.

“Di sana terpantau keluhan masyarakatnya sangat besar. Pasalnya, APBD segitu besarnya, namun infrastruktur tak dikerahkan kepada masyarakat di daerah tersebut,” ungkap pria yang juga tergabung dalam Forum Indonesia Bebas Koruptor (Inbek) Korwil Tangsel.

Kondisi inilah yang menurut Reza akan dijadikan celah dan dimanfaatkan oleh pesaing incumbent untuk menggerus suara Airin.

Reza menyebut ada sejumlah nama figur yang bakal menjadi pesaing kuat Airin pada Pilkada Desember mendatang. Ada Ivan Adjie, Herry Gagarin, Arsid, dan juga Abi Mus.

“Kalau nama Ivan Adjie dan Herry Gagarin ini dua sosok baru dan muda. Memiliki semangat dan juga patut diperhitungkan suaranya di Tangsel,” kata Reza.

Sementara nama Abi Mus tak asing lagi di dunia santri dan juga pesantren di Kota Tangsel, karena Abi Mus merupakan Ketua persatuan pesantren di Kota Tangsel.

“Jika benar-benar bisa dijaga, ini bisa jadi lumbung suara. Sementara nama Arsid, dia tidak punya catatan hitam sama sekali, dan pada Pilkada lima tahun lalu suara dia balapan juga dengan Airin,” tutur Reza.

Menurut Reza sejumlah figur yang muncul mesti diperhitungkan oleh incumbent. Jika tidak bisa berakibat fatal terhadap perolehan suara Airin.

“Siapapun yang maju nanti, kami berharap para calon bermainlah cantik, jangan nantinya saling menjatuhkan. Yang paling berwarna saat ini adalah, banyak sekali pesaing Airin Rachmi yang bakal maju,” tandasnya. (Uud)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 2 =

Trending