178 Siswa Ikuti UN Kesetaraan Paket A di Kabupaten Tangerang

Date:

Banten Hits.com – 178 siswa paket A setara SD dari 33 PKBM di Kabupaten Tangerang, mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) yang digelar di tiga titik di Kabupaten Tangerang sejak Senin – Rabu (18-20/5/2015).

Wartawan Banten Hits Ahmad Ramzy melaporkan, SDN Gudang, Kecamatan Tigaraksa, salah satu titik pelaksanaan UNPK Paket A di Kabupaten Tangerang. Mata pelajaran yang diujikan yakni, Bahasa Indonesia, PKN, IPS, Matematika dan IPA.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Kesetaraan dan Keaksaraan Bidang Paudni Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Sigit Sukimin, peserta pada umumnya berusia tidak lagi produktif. Bahkan, ada di antaranya sudah memiliki cucu. 

Namun demikian, ia meyakini, semangat para peserta untuk mendapatkan pendidikan di Kabupaten Tangerang masih sangat tinggi.

“Alhamdulilah, para peserta yang sebagaian besar tidak lagi usia sekolah ini semangat sekali dalam UNPK. Meski kalau dipikir, bukan lagi menjadi sebuah kebutuhan untuk mencari kerja,” ujar Sigit.

Sigit menambahkan, pihaknya mengaku sebelumnya telah melakukan berbagai upaya dalam melaksanakan UNPK yang digelar. Ada tiga titik pelaksanaan UNPK pada tahun ini. Pihaknya berharap, para peserta akan dapat mengikuti UNPK hingga tuntas.

“Meski UNPK ini bukan lagi ukuran lulus peserta. Tetapi, kalau tidak ikut, pasti dia ga lulus,” ungkapnya.

Asim Dipo, salah seorang peserta UNPK Paket A dari PKBM Pendidikan Anak Bangsa mengatakan, dirinya harus mengikuti UNPK Paket A setara SD ini karena kebutuhan kerja. Asim yang mengaku telah memiliki seorang cucu dan bekerja sebagai salah satu staf desa itu terlihat serius dalam UNPK di SDN Gudang.

“Saya harus punya ijasah meski cuma paket A atau SD,” ujarnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...