Connect with us

METROPOLITAN

Puncak Arus Mudik, Kapal Penumpang Bakal Overload

Published

on

Banten Hits.com – Puncak arus mudik diprediksi bakal terjadi pada saat H-3 jelang Lebaran. Kondisi padatnya penumpang akan terjadi di kapal penumpang di lintasan penyebrangan Merak-Bakahueni, sehingga dipastikan mengalami overload atau kelebihan muatan. Kondisi tersebut terpaksa dilakukan agar terhindar dari kemacetan panjang kendaraan yang akan menyeberang ke pulau Sumatera.

 

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga, kepada Banten Hits.com, mengatakan, pada setiap tahunnya, masing-masing angkutan kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan Merak-Bakahueni akan mengalami overload. Kelebihan tersebut tidak hanya terjadi pada kendaraan, namun para pemudik yang tidak membawa kendaraan pribadi.

“Ini yang menjadi kendala kita. Disatu sisi, kita tidak bisa melarang kendaraan maupun penumpang yang mau masuk kapal, tapi di sisi lain kalau dipaksakan juga beresiko, jadi serba salah,” ungkapnya.

BACA :  Pabrik Semen Merah Putih Dituntut Berikan Ganti Rugi terkait Asap dan Debu Batubara

Jika diberlakukan dengan sistem sesuai dengan muatan yang diberlakukan saat puncak arus mudik, dirinya mengatakan, dipastikan akan terjadi antrean kendaraan yang mencapai puluhan kilometer di dalam tol dan desakan-desakan penumpang.

“Besar kemungkinan antrean kendaraan bisa mencapai Tangerang jika kita memberangkatkan penumpang dan kendaraan sesuai dengan aturan. Makanya, saat puncak arus mudik kita berbicara secara kemanusiaan,” jelasnya.

Lebih lanjut Yanus meminta kepada setiap perusahaan kapal yang beroperasi di pelabuhan Merak agar memperhatikan alat sesuai dengan standar keselamatan penumpang pada saat berada di atas kapal untuk melakukan perjalanan mudik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebelum angkutan mudik Lebaran, Pemerintah biasanya menurunkan tim untuk melakukan pengecekan semua alat keselamatan terhadap semua kapal yang akan melayani penyeberangan Merak-Bakauheni,” imbuhnya. (Nda)

BACA :  Tegur Pemuda, Suheri Babak Belur Dikeroyok



Terpopuler