Connect with us

METROPOLITAN

Sholeh Hidayat Terpilih Lagi Jadi Rektor, Akademisi Untirta Surati Jokowi

Published

on

Banten Hits – Sholeh Hidayat kembali terpilih sebagai Rektor Untirta Banten. Raihan jumlah suara yang didapatnya mencapai 38 suara, mengalahkan dua kompetitornya Syadeli Hanafi dan Mas Iman Kusnandar yang hanya memperoleh 15 dan 2 dukungan suara.

Menyikapi terpilihnya lagi Sholeh Hidayat sebagai Rektor Untirta, akademisi Untirta Gandung Ismanto menilai ada hal yang bertentangan dengan Permenristek Dikti No 1 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur Pada Perguruan Tinggi Negeri.

“Pada Pasal 4 point L tertulis bahwa persyaratan untuk diangkat sebagai rektor tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Untuk itu, dia mengaku akan menyurati Presiden RI Joko Widodo tentang hasil pemilihan Rektor Untirta yang dianggap menabrak Permenristek Dikti No 1 tahun 2015.

BACA :  Kontainer Terperosok, Sopir Angkot Mogok

“Menteri tidak konsisten dengan peraturan yang dibuatnya sendiri. Saya pikir Presiden (Jokowi) harus tau hal ini. Saya berharap masih ada waktu hingga Oktober mendatang, sebelum pelantikan rektor terpilih. Jika Menteri mau konsisten dengan peraturan yang dibuatnya sendiri,” tegasnya.

Gandung mengaku telah melakukan korespondensi dengan Sekjen Kemenristek Dikti, Ainun Naim.

“Beliau juga sudah berkomitmen untuk menegakkan aturan bahwa calon rektor tidak boleh dari yang pernah terkena kasus plagiasi,” ungkapnya.

Ainun sendiri, lanjut Gandung pernah mengatakan calon rektor bermasalah tidak dapat ikut dalam bursa pencalonan. Dua soal prinsip yang mendasar adalah masalah hukum dan masalah etika dalam  dunia pendidikan.

“Misalnya pernah tersangkut masalah plagiat dalam sebuah karya calon rektor yang bersangkutan,”  jelasnya. (Uud)

BACA :  Pemkot Tangsel Sinkronisasi Program Kesejahteraan



Terpopuler