Connect with us

METROPOLITAN

Awas ! Banyak Pedagang Makanan Siap Saji Nakal di Bulan Puasa

Published

on

Banten Hits – Tingginya permintaan masyarakat terhadap makanan siap saji menjelang bulan ramadan kerap dimanfaatkan pedagang nakal dengan menjual makanan kadaluarsa.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menghimbau masyarakat agar berhati-hati saat membeli makanan ataupun minuman di pusat perbelanjaan atau pasar tradisional.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membeli makanan siap saji. Karena umumnya jenis-jenis makan yang seperti itu mudah kadaluwarsa. Seperti nata decoco, cendol dan cincau karena itu mudah basi. Makanya harus lebih teliti, dilihat dulu tanggal kemasannya,” ungkap Kasi Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Endro Sapta, Sabtu (13/6/2015).

Endro mengatakan, Disperindag Kabupaten Tangerang akan mengawasi peredaran makanan atau minuman cepat saji di pusat perbelanjaan atau pasar tradisional. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada makanan kadaluwarsa yang beredar di pasaran.

“Kalau dari jauh-jauh hari dilakukan pengawasan percuma saja, karena biasanya pedagang nakal menjual makanan berbahaya pas mau puasa. Jadi lebih efektif mendekati ramadan,” ungkapnya.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang Ma’mun Murod mengatakan, banyaknya makanan cepat saji yang beredar di pasaran menjelang ramadan dengan harga murah kerap menipu masyarakat. Padahal makanan tersebut sudah kadaluarsa dan luput dari perhatian konsumen.

“Intinya masyarakat harus lebih waspada lagi. Lihat dulu tanggal produksinya sampai kapan. Kalau kemasannya transparan bisa dilihat dengan kasat mata makanan tersebut sudah kusam atau tidak. Kalau terlihat kusam lebih baik jangan dibeli,” kata politisi Partai Golkar ini. (Uud)

Trending