Ratusan Balon Kades di Lebak Dapat Pembekalan

Date:

Banten Hits – Kendati pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lebak terbilang lambat dibandingkan dengan Kabupatan/Kota lainnya, namun diharapkan Pilkades yang akan digelar pada 30 Agustus 2015 mampu merefeleksikan pelaksanaan Pilkades yang aman tertib, dan menghasilkan Kepala Desa (Kades) yang profesional dan akuntabel serta siap menjalankan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Menjabat Kades sekarang akan jauh berbeda dengan menjabat Kades yang dulu karena tugas dan kewenangan para Kades akan lebih berat daripada Bupati dan Wakil Bupati. Desa itu ibarat miniatur Pemerintahan Kabupaten” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, disela sambutannya dalam acara pembinaan Bakal Calon Kepala Desa di gedung Assakinah, Rangkasbitung, Selasa (16/6/2015).

Beratnya tanggung jawab para Kades yang akan menjabat lantaran harus mempersiapkan para perangkat Desa yang mumpuni.

“Kalau saya pernah bilang ke Pak Wabup bahwa kita mungkin lebih mudah karena perangkat-perangkat Kabupaten sudah ada. Tapi, berbeda dengan di tingkat Desa yang memang hal pertama yang harus dipersiapkan adalah aparatur Desa yang handal yang mampu membantu pelaksanaan Kades dalam menjalankan roda pemerintahan Desa,” tutur Iti.

Iti berharap, pembekalan yang diikuiti oleh 945 Balon Kades tersebut bisa memberikan pemahaman kepada para calon Kades terkait dengan tahapan dan tugas serta kewenangan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah terpilih menjadi Kades.

“Semua calon harus bisa menjaga kondusifitas daerah masing-masing. Kami tidak menginginkan antara satu calon dengan calon yang lain saling menghujat. Karena, kalau saat pencalonan saja sudah kisruh maka mencerminkan dedikasi calon Kades yang buruk,” tegasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...