Dishub Cilegon Jamin Proyek Rehabilitasi TTM Tidak Ganggu Arus Mudik Lebaran

Date:

Banten Hits – Proyek tahap III rehabilitasi Terminal Terpadu Merak (TTM) senilai Rp 8,1 milyar saat ini tengah masuk dalam proses lelang. Rencananya proyek itu bakal dimulai pada bulan Juni ini. Meski demikian, nantinya pelaksanaan proyek itu diyakini tidak bakal mengganggu arus mudik lebaran. 

“Bulan ini (tahap III-red) masuk dalam tahap pelelangan. Bulan ini juga pengerjaannya diharapkan sudah bisa dilaksanakan. Kita jamin pekerjaannya tidak akan tabrakan dengan momen Arus mudik,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Dana Sujaksani, Selasa (16/06/2015).  

Meski demikian dia mengatakan pelaksanaan proyek itu bakal disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Bisa dipercepat atau malah dihentikan sementara. 

“Pastinya kita sangat situasional dan kondisional melihat segala kemungkinan yang ada di lapangan,” ujarnya.

Lanjut Dana, pihaknya juga tengah melakukan koordinasi dengan pihak lainnya untuk melakukan berbagai persiapan lebaran mendatang. 

Sekiranya pengerjaan proyek diprediksi akan bertabrakan dengan arus mudik lebaran, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai opsi rekayasa lalu lintas di dalam terminal untuk mengantisipasi timbulnya gangguan yang mengganggu kenyamanan para pemudik.

“Persiapan sudah pasti ada, kita sendiri sudah menyiapkan rekayasa di dalam terminal nanti.  Rencananya kita juga akan rakor dengan provinsi, dan polres supaya menentukan pengaturan arus mudik tidak terganggu,” tuturnya.

Dana menuturkan meskipun pengelolaan aset terminal ini nantinya bakal dilimpahkan ke pemerintah pusat, namun pembangunan Terminal Tipe A ini akan tetap dilanjutkan. 

Pembangunan terakhir ini meliputi penyelesaian Lantai II, atap dan pekerjaan lainnnya.

“Anggaran Rp 8.1 miliar tahap III ini, termasuk perencanaan, pembangunan konstruksi dan  pengawasannya. Teknisnya tinggal pekerjaan penyelesaian, di lantai II dan atap terminal,” bebernya.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Terpadu Merak, Robi Hidayat mengaku telah menyiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas kendaraan di dalam terminal untuk  menghadapi arus mudik lebaran

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub Cilegon agar supaya arus pemudik nanti tidak merasa terganggu dengan adanya pembangunan lanjutan.

“Skema rekayasa lalin di dalam terminal sudah ada, tinggal nanti saat rapat dinas, kita samakan dan membuat teknis pengaturannya,” jelasnya. (Uud)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...